15 Formasi CPNS Nakes 2024 Tanpa STR, Cek Daftarnya!

cpns nakes 2024
DAFTAR ISI

Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengumumkan kabar baik bagi para tenaga kesehatan dengan membuka ribuan posisi untuk CPNS Nakes 2024 dan PPPK

Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan peluang karir yang luas, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas dan meratakan akses pelayanan kesehatan di seluruh negeri.

CPNS Nakes 2024

Inisiatif dari Kementerian Kesehatan ini menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Dengan dukungan penuh dari Kementerian PAN RB, sebanyak 23.200 posisi telah disetujui, termasuk 8.607 posisi CPNS Nakes 2024 dan 14.593 posisi PPPK.

cpns nakes 2024
Source Image: Viva

Hal ini mencerminkan kebutuhan yang besar akan tenaga kesehatan yang berkualitas untuk melayani masyarakat.

Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas, menegaskan bahwa sektor kesehatan menjadi prioritas utama pemerintah.

Pemenuhan formasi Kementerian Kesehatan secara penuh diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kesehatan dan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan ke daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Ini akan menjadi langkah signifikan dalam merangsang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di berbagai wilayah.

Hal ini bertujuan untuk memberikan dorongan ekstra kepada mereka yang berdedikasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan yang membutuhkan lebih banyak perhatian.

Dengan adanya insentif ini, diharapkan dapat memotivasi lebih banyak tenaga kesehatan untuk berkiprah di daerah-daerah yang membutuhkan.

Bagi calon pelamar CPNS Nakes 2024 , persiapan yang matang sangat diperlukan. Salah satu syarat penting adalah Surat Tanda Registrasi (STR).

STR adalah pengesahan tertulis yang menunjukkan bahwa tenaga kesehatan tersebut telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

Meskipun jalur khusus untuk CPNS Nakes 2024 belum diumumkan secara resmi, namun beberapa posisi pada CPNS nakes 2023 tidak mensyaratkan STR sebagai syarat pendaftaran.

Formasi CPNS Nakes 2024

Berikut ini adalah daftar 15 formasi CPNS Nakes 2024 yang tidak mensyaratkan STR sebagai acuan pada rekrutmen tahun 2023.

formasi cpns nakes 2024
Source Image: Klik Pendidikan
  1. Epidemiolog Kesehatan Ahli

Seorang epidemiolog kesehatan ahli bertanggung jawab untuk mengamati dan menganalisis pola penyakit dan masalah kesehatan masyarakat.

Mereka menggunakan data dan metodologi yang tepat untuk menyajikan informasi yang berguna bagi kebijakan pencegahan dan intervensi guna mengendalikan penyebaran penyakit dan mengatasi wabah.

  1. Administrator Kesehatan Ahli

Seorang administrator kesehatan ahli memiliki tugas untuk melakukan analisis kebijakan di berbagai bidang administrasi kesehatan.

Mereka terlibat dalam perencanaan, implementasi, dan evaluasi program-program kesehatan, serta memastikan kepatuhan terhadap standar dan regulasi yang berlaku.

  1. Ahli Epidemiologi Kesehatan Terampil

Ahli epidemiologi kesehatan terampil bertanggung jawab untuk mengimplementasikan konsep dan metode epidemiologi dalam praktik lapangan.

Mereka melakukan survei, analisis data, dan intervensi untuk memahami dan mengendalikan penyebaran penyakit di masyarakat.

  1. Entomolog Kesehatan Ahli

Seorang entomolog kesehatan ahli memiliki peran penting dalam pengendalian vektor penyakit. Mereka melakukan kegiatan pengamatan, penyidikan, dan pengendalian terhadap serangga yang menjadi vektor penyakit, serta berkontribusi dalam pengembangan strategi pemberantasan yang efektif.

  1. Nutrisionis Ahli

Nutrisionis ahli memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi gizi kepada masyarakat dan menyusun program-program diet yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan individu.

Mereka juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan kebijakan gizi untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

  1. Fisikawan Medis Ahli

Seorang fisikawan medis ahli bertanggung jawab untuk menyediakan layanan fisika medis yang berkualitas.

Mereka terlibat dalam penggunaan teknologi radiologi, radioterapi, dan kedokteran nuklir untuk diagnosis dan pengobatan penyakit, serta memastikan keselamatan pasien dan staf medis.

  1. Pembimbing Kesehatan Kerja Ahli

Pembimbing kesehatan kerja ahli membantu dalam menyusun dan melaksanakan program-program kesehatan di tempat kerja.

Mereka memberikan konseling dan edukasi kepada pekerja tentang keamanan dan kesehatan kerja, serta melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kondisi kesehatan di lingkungan kerja.

  1. Pranata Laboratorium Kesehatan Ahli

Pranata laboratorium kesehatan ahli bertanggung jawab untuk melakukan pengujian dan analisis laboratorium guna mendukung diagnosis dan pengobatan penyakit.

formasi cpns tenaga kesehatan
Source Image: sdm.ugm.ac.id

Mereka menggunakan teknologi dan metode yang canggih untuk menghasilkan data yang akurat dan relevan dalam bidang kesehatan.

  1. Perekam Medis Ahli

Perekam medis ahli memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan dan dokumentasi informasi kesehatan pasien.

Mereka memastikan bahwa catatan medis terorganisir dengan baik dan tersedia untuk keperluan diagnosa, pengobatan, dan penelitian.

  1. Pranata Laboratorium Kesehatan Terampil

Pranata laboratorium kesehatan terampil bertanggung jawab untuk menjalankan prosedur-prosedur laboratorium dan melakukan pengujian yang diperlukan untuk mendukung diagnosis penyakit.

Mereka memiliki keterampilan teknis dalam mengoperasikan peralatan laboratorium dan menganalisis hasil tes.

  1. Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Terampil

Tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku terampil bertugas untuk merancang dan melaksanakan program-program promosi kesehatan di masyarakat.

Mereka menggunakan pendekatan ilmu perilaku untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku sehat dalam rangka mencegah penyakit dan mempromosikan gaya hidup sehat.

  1. Kesehatan Psikolog Klinis Ahli

Kesehatan psikolog klinis ahli memiliki peran penting dalam memberikan layanan psikologis kepada pasien yang mengalami masalah kesehatan mental.

Mereka melakukan asesmen, intervensi, dan konseling untuk membantu pasien mengatasi stres, depresi, dan gangguan psikologis lainnya yang berkaitan dengan kondisi medis.

  1. Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Ahli

Tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku ahli memiliki pengetahuan mendalam tentang teori perilaku manusia dan strategi komunikasi yang efektif dalam mempengaruhi perilaku kesehatan.

Mereka bertanggung jawab untuk merancang kampanye promosi kesehatan dan menyusun program-program edukasi untuk mendorong perubahan perilaku yang positif di masyarakat.

  1. Tenaga Sanitasi Lingkungan Ahli

Tenaga sanitasi lingkungan ahli memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan air dan lingkungan fisik lainnya agar terhindar dari kontaminasi dan penyakit.

Mereka terlibat dalam perencanaan dan implementasi program-program sanitasi untuk memastikan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

  1. Tenaga Sanitasi Lingkungan Terampil

Tenaga sanitasi lingkungan terampil melakukan tugas-tugas teknis dalam pengelolaan lingkungan untuk memastikan kebersihan dan keamanan.

Mereka terlibat dalam kegiatan desinfeksi, pengelolaan limbah, dan pengendalian vektor penyakit guna melindungi kesehatan masyarakat dari risiko lingkungan.

Dengan pembukaan ribuan posisi CPNS Nakes 2024 dan PPPK, diharapkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan merata dapat terwujud di seluruh Indonesia.

Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, terutama dalam sektor kesehatan yang menjadi salah satu pilar pembangunan negara.

Pembukaan ribuan posisi CPNS Nakes 2024 dan PPPK menawarkan peluang karir yang menarik bagi para tenaga kesehatan.

Dengan adanya CPNS Nakes 2024 diharapkan tidak hanya terjadi peningkatan kualitas SDM kesehatan, tetapi juga meratakan akses pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Semoga langkah-langkah ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan negara secara keseluruhan.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments