3 Cara Mudah Cek NIK Aktif untuk Pendaftaran CPNS 2024

cek nik aktif
DAFTAR ISI

Pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 masih dinantikan oleh para calon peserta. Proses pendaftaran CPNS membutuhkan berbagai dokumen pendukung yang harus dipersiapkan dengan baik.

Selain ijazah, transkrip nilai, dan CV, Nomor Induk Kependudukan (NIK) adalah salah satu dokumen krusial yang harus dipastikan keaktifannya, sehingga penting untuk melakukan cek nik aktif.

Validitas NIK sangat penting karena banyak pelamar sering kali mengalami masalah saat pendaftaran akibat NIK yang bermasalah atau tidak terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Mengapa Cek NIK Aktif atau Tidak Sangat Penting untuk Seleksi CPNS 2024?

Memastikan bahwa NIK Anda aktif dan terdaftar di Dukcapil sangat penting karena beberapa alasan utama:

cek nik aktif
Source Image: Kompastv

1. Verifikasi Identitas: NIK digunakan sebagai identitas resmi dalam berbagai proses administrasi. NIK yang valid memastikan bahwa identitas Anda dapat diverifikasi dengan benar.

    2. Persyaratan Pendaftaran: Dalam proses pendaftaran CPNS, NIK adalah salah satu syarat utama. NIK yang bermasalah dapat menyebabkan pendaftaran Anda ditolak atau tertunda.

      Oleh karena itu, memastikan data NIK sudah benar dan aktif sangatlah penting, terutama menjelang pendaftaran seleksi CPNS 2024.

      Cara Cek NIK Aktif Online

      Beruntung, pengecekan status NIK kini dapat dilakukan secara online tanpa perlu datang ke kantor Disdukcapil. Berikut adalah tiga cara mudah untuk mengecek NIK Anda:

      1. Cek NIK Aktif via WhatsApp

      Pengecekan NIK melalui WhatsApp adalah cara yang cukup mudah dan efisien. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

      a. Kirim Pesan WhatsApp ke Nomor 0811-8005-373: Mulailah dengan mengirim pesan ke nomor resmi Dukcapil Kemendagri.

      b. Ketik “Menu” dan Kirim: Setelah mengirim pesan “Menu,” Anda akan menerima balasan dengan menu pilihan.

      c. Pilih “Pengaduan”: Tekan opsi “Pilih di sini” dan kemudian tekan nomor 2 untuk Pengaduan.

      d. Ikuti Panduan: Anda akan mendapatkan panduan yang mengarahkan Anda untuk mengisi format pengaduan dengan benar, yang meliputi:

      – NIK (16 digit nomor)

      – Nama Lengkap

      – Nomor Kartu Keluarga (16 digit nomor)

      – Nomor Telepon

      – Permasalahan (ketik “Cek NIK”)

      e. Tunggu Balasan: Setelah mengirimkan format pengaduan, tunggulah balasan dari Dukcapil Kemendagri mengenai status NIK Anda.

      2. Cek NIK Aktif Melalui SMS

      Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah melalui SMS. Ini adalah opsi yang mudah dan bisa dilakukan dari ponsel Anda kapan saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

      cara cek nik aktif atau tidak
      Source Image: IDN Times

      a. Ketik Format SMS: Buat SMS dengan format `CekKTPNIK`.

      b. Kirim ke Nomor 0815-3636-9999: Kirim SMS tersebut ke nomor resmi Disdukcapil Kemendagri.

      c. Tunggu Balasan: Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan mengenai status NIK Anda. Balasan ini akan memberikan informasi apakah NIK Anda terdaftar atau tidak.

      3. Cek NIK Aktif Melalui Call Center dan Media Sosial

      Selain WhatsApp dan SMS, Anda juga dapat mengecek status NIK melalui call center atau media sosial resmi Dukcapil Kemendagri.

      Ini adalah langkah yang baik jika Anda membutuhkan jawaban langsung atau memiliki pertanyaan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa saluran yang bisa Anda gunakan:

      Call Center Dukcapil: Anda dapat menghubungi call center resmi untuk mendapatkan bantuan langsung dari petugas.

      Facebook: Kunjungi halaman resmi Dukcapil di (https://www.facebook.com/DitjenDukcapil) dan ajukan pertanyaan Anda melalui pesan atau komentar.

      Twitter: Anda juga dapat menghubungi Dukcapil melalui akun Twitter resmi mereka di (https://twitter.com/ccdukcapil) .

      Menggunakan media sosial atau call center bisa memberikan Anda panduan langsung dan membantu menyelesaikan masalah cek nik aktif dengan lebih cepat.

        Tips Mengatasi Masalah NIK Tidak Aktif

        1. Periksa Kembali Data Anda: Pastikan semua data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan dokumen resmi. Kesalahan pengetikan bisa menyebabkan NIK Anda tidak terdeteksi.

        2. Update Data di Disdukcapil: Jika Anda menemukan bahwa NIK Anda tidak aktif atau tidak terdaftar, segera kunjungi kantor Disdukcapil terdekat untuk memperbarui data.

        977708 720 e1718958502590
        Source Image: Mentro Tempo

        3. Gunakan Layanan Online: Manfaatkan layanan online untuk mempercepat proses pengecekan cek nik aktif dan pembaruan data. Ini bisa menghemat waktu dan tenaga Anda dibandingkan harus mengunjungi kantor secara langsung.

        4. Dokumen Pendukung: Selalu siapkan dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga dan KTP saat melakukan pengecekan atau pembaruan data untuk memudahkan proses verifikasi.

        Ebook Gratis!!

        download ebook contoh soal CPNS 2021

        Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

        Picture of ASN Institute Admin
        ASN Institute Admin
        Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)