Terlengkap! Simak Alur Pendaftaran CPNS 2023

alur seleksi cpns terupdate
DAFTAR ISI

‍Profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil selalu menjadi incaran setiap tahunnya. Tak ayal, banyak orang yang kemudian berlomba-lomba mendaftarkan diri sebagai calon PNS. Ketahui alur pendaftaran CPNS berikut jika kalian baru pertama kali mengikuti seleksi CPNS atau kalian yang sudah lama tidak mengikuti ujian CPNS karena alur seleksi CPNS biasanya berubah/ update.

Mengenal seleksi CPNS

Seleksi CPNS adalah proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dilakukan oleh instansi pemerintah di Indonesia. Tujuan dari seleksi CPNS adalah untuk menyeleksi calon pegawai yang memenuhi persyaratan dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan instansi tersebut.

PNS adalah sebutan untuk pegawai negeri sipil yang telah lulus seleksi CPNS dan telah resmi terdaftar sebagai pegawai negeri sipil. PNS memiliki status kepegawaian yang lebih stabil dibandingkan dengan pegawai swasta atau kontrak. PNS juga mendapatkan berbagai hak dan kewajiban yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

alur pendaftaran cpns terbaru
Ketahui alur pendaftaran cpns terbaru sebelum mendaftar (img: vice)

Sistem Kepegawaian di Indonesia

Sistem kepegawaian di Indonesia terdiri atas beberapa jenis pegawai, yaitu:

  1. PNS: Pegawai Negeri Sipil yang terdaftar dalam DAFTAR URUT KEPANGKATAN (DUK) dan mendapatkan gaji, tunjangan, dan fasilitas lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. PPPK: Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah pegawai yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.
  3. TNI: Tentara Nasional Indonesia adalah institusi yang bertugas melindungi dan menjaga keamanan negara. TNI terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.
  4. Polri: Kepolisian Republik Indonesia adalah institusi yang bertugas melindungi dan menjaga keamanan masyarakat.
  5. ASN: Aparatur Sipil Negara adalah sebutan untuk seluruh pegawai negeri sipil di Indonesia, termasuk PNS, PPPK, TNI, dan Polri.

Namun, untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bukanlah hal yang mudah. Setiap tahunnya ada jutaan orang yang bersaing untuk mendapatkan 1 kursi pegawai negeri.

Jika kamu salah satu orang yang ingin mendaftar CPNS di tahun ini maka kamu harus mengetahui alur seleksi CPNS.

Alur Pendaftaran CPNS Terbaru

Berikut merupakan alur terbaru dalam seleksi CPNS yang perlu diketahui.

1. Melakukan Pendaftaran Akun CPNS

Buat akun SSCASN dengan mengakses portal SSCASN di situs https://sscasn.bkn.go.id. Setelah itu, masuk ke akun SSCASN yang berhasil dibuat dan lengkapi biodata beserta swafoto Anda.

Portal SSCASN adalah portal resmi yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara yang merupakan panitia pelaksana dari seleksi CPNS.

Disini kalian harus memasukkan data pribadi termasuk nama lengkap, nomor induk kependudukan (NIK) atau nomor KTP, serta nomor Kartu Keluarga,

Data tersebut akan disesuaikan dengan data yang ada pada BKN. Jika ternyata datanya tidak cocok, maka kalian tidak akan bisa mendaftar.

Biasanya kasus yang paling sering terjadi adalah data Kartu Keluarga (KK) yang tidak cocok. Jika kalian pernah memperbarui Kartu Keluarga (KK), cobalah mengecek nomor KK lama dan masukkan. Biasanya data BKN tidak terupdate.

Namun jika masih belum bisa, coba kontak call center dari BKN

2. Memilih Formasi CPNS yang Diinginkan

Pendaftar wajib mengisikan daftar formasi yang dikehendaki. Ada beberapa langkah praktis dalam tahap daftar formasi CPNS, lebih detailnya ialah sebagai berikut.

  • Pilih jenis seleksi, kemudian pilih formasi yang tersedia. Pastikan memilih formasi sesuai kualifikasi pendidikan.
  • Unggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dalam proses seleksi CPNS. Jangan sampai ada salah satu berkas yang tidak terupload atau tidak lengkap.
  • Periksa kembali resume pendaftaran Anda dan akhiri pendaftaran. Liat kembali seluruh form pendaftaran-mu sebelum submit data.
  • Cetak kartu informasi akun berikut kartu pendaftaran akun. Kartu ini akan digunakan sebagai identitas saat mengikuti ujian

3. Proses Seleksi Administrasi (Berkas)

Secara umum, seleksi administrasi dilakukan oleh panitia dari masing-masing instansi dengan mempertimbangkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya. Adapun proses seleksi administrasi sendiri bisa dilakukan dengan langkah berikut.

  • Verifikasi oleh panitia mengenai data pelamar. Disini panitia akan mengecek seluruh data yang telah masukkan dan unggah di platform SSCASN BKN
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi oleh panitia. Jika kalian tidak lulus berkas, maka nama kalian tidak akan tercantum disini.
  • Bagi pelamar yang dinyatakan tidak lulus berhak menyanggah hasil seleksi administrasi, tentu dengan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan kalian menyanggah dengan bukti yang kuat.
  • Panitia akan mengumumkan hasil sanggah. Jika sanggahan kalian diterima, maka nama kalian akan muncul dalam pengumuman hasil sanggah
  • Pelamar yang berhasil lulus dapat mencetak kartu ujian.

Jika ada hal yang Kalian tidak penuhi dari 1 poin saja, maka bisa dipastikan Kamu akan dieliminasi atau digugurkan

4. Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Jika kalian telah lulus berkas, maka kalian kemudian akan dipandu untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar. Jika dinyatakan lulus pada proses ini, pelamar bisa melanjutkan ke tahap ujian selanjutnya, yaitu kompetensi bidang.

Pada ujian SKD kalian akan menghadapi beberapa jenis soal yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis tes memiliki passing grade tersendiri.

Jika kalian ingin lebih mudah menjawab soal-soal pada ujian SKD, disarankan untuk mengikuti program belajar try out CPNS dari ASN Institute yang merupakan pakar dalam pembelajaran calon ASN seluruh Indonesia

5. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

J‍ika kalian telah lulus pada tahap SKD, maka kalian akan dipanggil/ diundang untuk mengikuti tes SKB.

Pada tahap SKB ini kalian akan mengikuti ujian yang dimana soal atau materi yang diujiankan sesuai dengan formasi dan instansi yang kalian tuju.

Misalnya: Kalian mendaftar di Kementerian Keuangan untuk formasi analis keuangan, maka soal-soal yang diujiankan semua tentang keuangan. Namun jika kalian mendaftar untuk formasi Hukum, maka materi ujiannya akan melibatkan hukum yang terkait keuangan atau materi.

6. Pengumuman Kelulusan

Panitia kemudian mengumumkan hasil sanggahan dari hasil SKB, dimana pengumuman ini bersifat mutlak serta tidak bisa diganggu gugat. Setelah itu, pelamar yang berhasil lulur pada seleksi sebelumnya harus melakukan proses pemberkasan.

Itulah alur seleksi CPNS lengkap yang harus dilalui oleh setiap pendaftarnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lanjutan mengenai pendaftaran CPNS, BKN menyediakan kolom FAQ yang dapat diakses melalui portal sscasn.bkn.go.id.

Namun perlu diingat, alur pendaftaran CPNS di setiap tahunnya mungkin memiliki perbedaan, dan tentu saja berbeda dengan alur pendaftaran PPPK. Untuk alasan tersebut, peserta disarankan untuk selalu update dan mengikuti berita terkini megenai pendaftaran CPNS terkait. Dengan demikian, kesempatan pendaftar untuk lulus seleksi bisa dioptimalkan. Bagaimana menurut Anda, cukup mudah bukan?

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & Development. High interest in education and technology. Berharap bisa membantu banyak orang menjadi ASN dengan implementasi teknologi dalam pembelajaran
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments