Panduan Lengkap Membuat Akun CASN: Persiapan CPNS 2024

akun casn
DAFTAR ISI

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka pada bulan Juni atau Juli 2024.

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi aparatur sipil negara, inilah saat yang tepat untuk mempersiapkan diri.

Dengan pembukaan pendaftaran yang semakin dekat, penting bagi calon pelamar untuk segera mempersiapkan segala keperluan salah satunya membuat akun CASN.

Pada tahun ini, pemerintah menyediakan total 1,2 juta formasi yang terbagi menjadi dua kategori besar yaitu 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah.

cpns
Panduan Lengkap Membuat Akun CASN: Persiapan CPNS 2024 4

Khusus untuk pemenuhan tenaga kerja digital, pemerintah mengalokasikan 2.906 formasi di ibu kota negara (IKN) dan 19.817 formasi untuk pemerintah daerah.

Selain itu, ada 71.643 formasi untuk sumber daya manusia (SDM) di IKN, yang terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Cara Buat Akun CASN

Sebelum memulai proses seleksi nasional, setiap peserta diwajibkan memiliki akun CASN di portal SSCASN. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat akun CASN di situs resmi SSCASN:

1. Buka Situs Resmi: Pertama-tama, kunjungi situs resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/

2. Pilih Menu “SSCASN”: Di pojok kanan atas halaman utama, klik menu “SSCASN” dan pilih opsi “buat akun”.

3. Pendaftaran Akun: Pada laman “Pendaftaran Akun SSCASN 2023”, isi semua data identitas yang diminta seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Sistem akan otomatis memverifikasi data yang Anda masukkan.

4. Isi Data Tambahan: Setelah verifikasi, masukkan alamat email, pilih password, dan kirim data tersebut. Jangan lupa untuk mengecek email Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran.

5. Login dan Lengkapi Data: Setelah akun CASN Anda aktif, login kembali ke situs https://sscasn.bkn.go.id/ kemudian masukkan NIK dan password yang telah didaftarkan.

akun casn
Panduan Lengkap Membuat Akun CASN: Persiapan CPNS 2024 5

Lengkapi data diri pada kolom yang tersedia dan pilih formasi jabatan sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda.

Dianjurkan untuk tidak mendaftar CPNS yang tidak sesuai dengan kelulusan, karena dapat bermasalah di kemudian hari.

6. Unggah Dokumen: Pastikan semua dokumen yang diperlukan seperti pasfoto, foto selfie dengan KTP, kartu bukti pembuatan akun CASN, ijazah, dan dokumen lainnya sesuai dengan format yang diminta.

Unggah berkas yang diminta dengan benar untuk menghindari kesalahan yang dapat menyebabkan ketidaklulusan.

7. Cek dan Kirim Data: Periksa kembali semua data yang telah diisi. Pastikan tidak ada kesalahan atau kelalaian dalam pengisian data.

Setelah yakin semuanya benar, kirim data dan cetak bukti pendaftaran untuk disimpan sebagai bukti sementara hingga mendapatkan hasil verifikasi berkas.

    Tips Mendaftar CPNS 2024

    1. Persiapkan Dokumen Sejak Dini: Mengingat banyaknya dokumen yang perlu dipersiapkan, mulailah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dari sekarang. Pastikan semua dokumen tersebut sudah dalam format yang benar sesuai dengan persyaratan.

    2. Teliti dalam Pengisian Data: Pastikan semua data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan dokumen asli. Kesalahan atau ketidakcocokan data bisa menyebabkan gagalnya pendaftaran.

    3. Cek Email Secara Berkala: Selalu periksa email yang Anda daftarkan untuk mendapatkan informasi terbaru dan konfirmasi dari pihak SSCASN.

    4. Ikuti Petunjuk dengan Seksama: Bacalah setiap petunjuk dan panduan yang diberikan di situs SSCASN dengan seksama untuk memastikan tidak ada langkah yang terlewat.

    5. Persiapkan Diri untuk Seleksi: Selain mempersiapkan dokumen, pastikan Anda juga mempersiapkan diri untuk tahapan seleksi selanjutnya seperti ujian tertulis dan wawancara. Manfaatkan waktu yang ada untuk belajar dan berlatih.

    selasa minggu 1
    Panduan Lengkap Membuat Akun CASN: Persiapan CPNS 2024 6

    Informasi terbaru mengenai seleksi pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 ini sangat penting untuk diketahui oleh setiap calon pelamar.

    Dengan mengikuti langkah-langkah dan memenuhi persyaratan yang telah disebutkan, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berhasil dalam pendaftaran.

    Segera persiapkan dokumen dan berkas-berkas yang diperlukan agar tidak terlewatkan kesempatan emas ini untuk bergabung menjadi bagian dari aparatur negara.

    Untuk informasi lebih lanjut dan panduan lengkap, kunjungi situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/. Pastikan Anda mengikuti semua petunjuk dan persyaratan yang diberikan.

    Itulah tadi informasi tentang cara pembuatan akun casn dan beberapa tips untuk mendaftar di cpns 2024, semoga sukses!

    Ebook Gratis!!

    download ebook contoh soal CPNS 2021

    Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

    Picture of ASN Institute Admin
    ASN Institute Admin
    Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)