PPPK Teknis: Memperkuat SDM dan Efektivitas BKN 2023

pppk teknis
DAFTAR ISI

Tahun ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengambil langkah besar untuk meningkatkan kualitas layanan dan efektivitasnya melalui pelantikan 30 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis.

Langkah ini tidak hanya merefleksikan komitmen BKN dalam memenuhi kebutuhan kepegawaian yang mendesak, tetapi juga menunjukkan upaya untuk menjawab tantangan zaman dengan merekrut tenaga-tenaga professional yang kompeten.

Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

pppk teknis
pelantikan pppk teknis BKN (img:BKN)

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah bentuk kepegawaian di sektor pemerintahan yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

PPPK merupakan pegawai yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk menduduki jabatan tertentu dan memiliki kualifikasi serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan jabatan tersebut.

Perjanjian kerja dalam kasus PPPK adalah bentuk kontrak kerja antara individu yang diangkat dengan instansi pemerintah yang mempekerjakannya.

Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), status PPPK adalah non-PNS, yang berarti mereka tidak memiliki kedudukan sebagai abdi negara yang memiliki hak dan kewajiban seperti PNS.

Namun, PPPK memiliki hak-hak dan kewajiban sesuai dengan peraturan yang mengatur status mereka.

PPPK dapat diangkat untuk berbagai jenis jabatan, termasuk jabatan teknis, fungsional, dan lainnya, tergantung pada kebutuhan instansi pemerintah.

PPPK diperkenalkan sebagai upaya untuk mengatasi kekurangan sumber daya manusia yang kompeten di sektor pemerintahan dan memberikan fleksibilitas dalam merekrut tenaga-tenaga ahli atau spesialis dalam bidang-bidang tertentu tanpa harus melalui proses seleksi penerimaan PNS yang lebih panjang dan rumit.

Badan Kepegawaian Negara (BKN)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengembangan kebijakan, regulasi, dan administrasi terkait manajemen kepegawaian dalam Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tugas utama BKN meliputi pengembangan standar, pengaturan, dan koordinasi dalam hal penerimaan, mutasi, promosi, remunerasi, dan pengembangan ASN di berbagai instansi pemerintah.

BKN memiliki peran strategis dalam mengelola sumber daya manusia di sektor publik untuk memastikan bahwa ASN memiliki kompetensi yang sesuai, integritas yang tinggi, dan kualitas pelayanan publik yang optimal.

Jabatan Fungsional PPPK BKN 2023

pppk teknis
pelantikan pppk teknis (img:BKN)

Pelantikan 30 PPPK Teknis ini memiliki arti yang mendalam dalam mengisi kekosongan jabatan fungsional yang selama ini menjadi perhatian.

Jabatan-jabatan fungsional yang memegang peranan penting dalam operasional BKN kini dapat diakses melalui melalui link ini.

Hal ini diharapkan akan membantu BKN dalam menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih efisien dan efektif.

Pertimbangan BKN Dalam Merekrut PPPK Teknis

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam merekrut PPPK teknis. Adapun yang perlu dipertimbangkan yaitu sebagai berikut:

Kualitas dan Kompetensi sebagai Fokus Utama

Dalam arahannya, Imas, pimpinan BKN, menekankan pentingnya kualitas dan kompetensi dari para rekrutan PPPK Teknis.

Beliau menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia adalah kunci dalam mencapai tujuan-tujuan strategis BKN.

Oleh karena itu, rekrutan-rekrutan tidak hanya dipilih berdasarkan jumlah, tetapi juga kemampuan teknis dan pengetahuan yang relevan dengan tugas-tugas yang akan diemban.

Patuh pada Peraturan, Disiplin, dan Etika Kerja

Selain kompetensi teknis, Imas juga menegaskan pentingnya patuh pada peraturan, disiplin, dan etika kerja. Ini menjadi landasan penting dalam membangun budaya kerja yang profesional dan menjunjung tinggi integritas.

Para rekrutan diingatkan untuk mematuhi kode etik yang ada, menjaga kedisiplinan dalam menjalankan tugas, serta merawat etos kerja yang positif.

Menghindari Politik Praktis, Menciptakan Citra yang Terpercaya

Imas juga memberikan arahan yang tidak kalah pentingnya, yaitu untuk tidak terlibat dalam politik praktis selama tahun politik mendatang.

Langkah ini bertujuan untuk menjaga independensi dan netralitas BKN dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Selain itu, para rekrutan juga diminta untuk mendorong integritas dan menjaga citra positif BKN sebagai institusi yang profesional dan dapat dipercaya.

Mendorong Era Baru dalam Pelayanan Publik

Pelantikan 30 PPPK Teknis ini bukan hanya sekadar pengisian jabatan, tetapi juga menciptakan peluang untuk memperkuat kinerja BKN dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Dengan menghadirkan tenaga-tenaga professional yang memiliki keahlian teknis, diharapkan akan terjadi peningkatan efisiensi, kualitas, dan kecepatan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Pelantikan 30 PPPK Teknis oleh BKN di tahun ini menjadi poin penting dalam menghadapi tantangan di dunia kepegawaian.

Langkah ini tidak hanya merekrut sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, tetapi juga mengirim pesan bahwa BKN berkomitmen untuk terus beradaptasi dan berkembang guna memenuhi tuntutan zaman.

Dengan fokus pada kualitas, integritas, dan profesionalisme, diharapkan BKN akan semakin mampu menjadi pilar yang kuat dalam membangun administrasi publik yang berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Bagi kalian calon PPPK yang masih bingung mencari kursus PPPK yang terpercaya dan memiliki soal SKD CPNS yang dapat membuat kalian latihan soal PPPK.

Dengan perbanyak latihan dari sekarang kalian akan menerima skor tertinggi pada seleksi PPPK yang akan diadakan september 2023, Tetap semangat yah kalian semua!!!…


Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Aisyah S
Aisyah S
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments