40.000 Lowongan Kerja di IKN Dibuka Lewat Seleksi CASN 2024

lowongan kerja di ikn
DAFTAR ISI

Pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan pembukaan 40.000 lowongan kerja di IKN melalui seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

Pemindahan ASN ke IKN dijadwalkan berlangsung setelah Agustus 2024, tepatnya usai upacara Kemerdekaan Indonesia dan setelah infrastruktur siap beroperasi.

Lowongan Kerja di IKN 2024 Untuk Calon ASN

Pada Senin (1/7/2024), Pemerintah Indonesia tengah menyusun skema pemindahan ASN. Selain itu, terdapat 2.000 lowongan kerja di IKN untuk calon ASN khususnya bagi putra dan putri terbaik Kalimantan di IKN.

lowongan kerja di ikn
Source image: menpan.go.id

Kabar baik ini disampaikan oleh Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), sebagai bagian dari pengisian posisi ASN di IKN melalui perpindahan ASN yang sudah ada dari Jakarta serta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk kementerian/lembaga di IKN.

Rincian Formasi CPNS IKN 2024

Dilansir dari Berita Satu, Azwar Anas membeberkan rincian formasi ASN di IKN sebagai berikut:

  • Instansi pemerintah pusat: 130.341 formasi
  • Otoritas IKN: 600 formasi
  • Kementerian/Lembaga IKN: 40.021 formasi

Pemerintah juga memberikan afirmasi 5% terhadap 40.000 formasi di IKN yang akan diseleksi secara ketat menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Azwar Anas menegaskan bahwa akan ada 2.000 formasi khusus untuk putra putri Kalimantan melalui seleksi CPNS di IKN.

cpns 2024 formasi
Source image: menpan.go.id

Formasi tersebut ditujukan kepada putra putri Kalimantan terbaik yang akan mendapatkan ruang afirmasi untuk formasi CPNS fresh graduate di IKN.

Lowongan pegawai IKN akan diumumkan oleh Otoritas IKN (OIKN) dan kementerian/lembaga yang ada di IKN.

Seleksi terbuka ini bertujuan untuk memastikan bahwa ASN yang pindah atau mutasi ke IKN terdiri dari ASN berkualifikasi tinggi dan talenta digital multitasking yang dapat memberikan layanan digital sesuai standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Melalui seleksi terbuka secara kompetitif, lowongan pegawai IKN harus diumumkan oleh OIKN dan kementerian/lembaga yang ada di IKN.”

Ini supaya mereka yang pindah atau mutasi sekitar Kalimantan juga terdiri dari ASN berkualifikasi tinggi dan talenta digital multitasking yang bisa memberi layanan secara digital,” jelas Azwar Anas.

Kapan Seleksi CASN 2024 di Buka?

Hingga saat ini, jadwal CASN belum diumumkan secara resmi oleh Kemenpan RB. Namun, Azwar Anas menuturkan bahwa seleksi CASN 2024 akan dijadwalkan antara Juli atau Agustus 2024, namun berpotensi juga mundur hingga september mendatang.

jadwal cpns 2024
Source image: jawapos.com

Pengunduran jadwal ini dilakukan lantaran tidak sedikit kementerian/lembaga yang belum mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan Kemenpan RB.

Lowongan kerja di IKN ini merupakan kesempatan besar bagi putra putri Kalimantan untuk berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru.

Dengan adanya afirmasi khusus, diharapkan banyak talenta lokal yang bisa bergabung dan berperan aktif dalam mewujudkan visi besar IKN Nusantara sebagai pusat pemerintahan yang modern dan berbasis digital.

Kesimpulan

Pembukaan 40.000 lowongan kerja di IKN melalui seleksi CASN 2024 merupakan langkah strategis pemerintah untuk memastikan pengisian posisi ASN di ibu kota baru.

Dengan skema pemindahan dan seleksi yang ketat, diharapkan ASN yang bergabung memiliki kualitas tinggi dan mampu mendukung operasional pemerintahan yang efektif dan efisien di IKN Nusantara.

Bagi putra putri Kalimantan, ini adalah kesempatan emas untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan ibu kota negara yang baru.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)