11 Formasi CPNS Pertanian Kembali Dibuka Tahun Ini

cpns pertanian
DAFTAR ISI

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka peluang besar bagi lulusan pertanian untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024.

Ini menjadi kesempatan langka bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang pertanian untuk turut serta dalam pembangunan sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan di Indonesia.

Dengan membuka sejumlah formasi, Kementan berupaya memastikan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten, termasuk para calon CPNS pertanian, untuk mendukung pelaksanaan kebijakan dan program-programnya.

Pada tahun 2024, Kementan direncanakan akan membuka sekitar 5.000 formasi CPNS, terdiri dari 4.000 formasi untuk umum dan 1.000 formasi khusus untuk lulusan Papua dan Papua Barat.

syarat cpns pertanian
Source Image: suara.com

Formasi CPNS tersebut akan difokuskan untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang dibangun di Kalimantan Timur.

Hal ini sejalan dengan proyek strategis nasional yang bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia, termasuk CPNS pertanian, yang siap bekerja di ibu kota baru tersebut.

Formasi CPNS Pertanian

Untuk lulusan pertanian, Kementan membuka 11 bidang formasi yang mencakup berbagai aspek penting dalam sektor pertanian. Bidang formasi tersebut antara lain:

  • Ahli Pertanian
  • Ahli Perikanan
  • Ahli Kehutanan
  • Ahli Tanaman Pangan
  • Ahli Hortikultura
  • Ahli Peternakan
  • Ahli Ilmu Tanah
  • Ahli Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
  • Ahli Teknologi Pangan
  • Ahli Agribisnis
  • Ahli Komunikasi Pertanian

Syarat CPNS Pertanian

Namun, untuk dapat mendaftar CPNS pertanian di Kementan, pelamar harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan, seperti : 

  • Warga Negara Indonesia,
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran
  • Memiliki ijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan
  • Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk sarjana dan 3,25 untuk magister atau doktor
  • Selain itu, keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar juga menjadi salah satu persyaratan penting, seperti penguasaan bahasa asing, teknologi informasi, dan manajemen proyek
  • Tak kalah pentingnya, pelamar juga diharapkan memiliki akhlak yang baik, dengan menunjukkan integritas, profesionalisme, netralitas, dan loyalitas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Cara Mendaftar CPNS di Kementan

cpns pertanian
Source Image: lombok insider

Proses pendaftaran CPNS 2024 di Kementan dilakukan secara online melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), yang merupakan situs resmi yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Cara mendaftar CPNS 2024 di Kementan adalah sebagai berikut :

  • Pelamar harus membuat akun SSCASN dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang valid
  • Setelah membuat akun, mereka dapat login dan memilih Kementan sebagai instansi tujuan, serta bidang formasi yang diinginkan
  • Selanjutnya, mereka diharuskan mengisi biodata dan data pendidikan sesuai dengan ijazah yang dimiliki
  • Serta mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti ijazah, transkrip nilai, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK)
  • Setelah proses pendaftaran selesai, pelamar dapat mencetak kartu pendaftaran CPNS 2024 sebagai bukti pendaftaran

Dengan membuka kesempatan bagi lulusan pertanian untuk bergabung sebagai CPNS, Kementan berharap dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pertanian, termasuk CPNS pertanian, serta mendorong terciptanya inovasi dan pembangunan yang berkelanjutan dalam sektor tersebut.

Bagi mereka yang berminat untuk bergabung, diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memastikan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai seleksi CPNS 2024 di Kementan, pelamar dapat mengunjungi situs resmi Kementan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para calon pelamar CPNS di bidang pertanian.

Secara keseluruhan, peluang ini tidak hanya memberikan manfaat bagi individu yang berhasil lolos seleksi CPNS, tetapi juga bagi pembangunan sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan di Indonesia secara keseluruhan.

Penutup

Dengan adanya lulusan pertanian, termasuk calon CPNS pertanian, yang berkualitas dan kompeten, Kementan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani, nelayan, serta masyarakat pedesaan lainnya.

Selain itu, kehadiran CPNS dengan latar belakang pertanian, seperti CPNS pertanian, juga diharapkan dapat membawa inovasi dan solusi terbaik dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi dalam sektor ini.

Untuk itu, bagi para calon pelamar CPNS di bidang pertanian, diharapkan untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan mempersiapkan diri secara matang.

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan teliti, pastikan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, dan manfaatkan berbagai sumber informasi yang tersedia untuk mempelajari materi yang akan diuji, khususnya untuk CPNS pertanian.

Selain itu, jangan lupa untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian, sehingga dapat bersaing dengan pelamar lainnya secara kompetitif.

Dengan demikian, bagi para calon pelamar CPNS pertanian, tetaplah bersemangat dan percayalah bahwa setiap usaha yang dilakukan akan membuahkan hasil.

Selamat berjuang dan semoga sukses dalam menggapai cita-cita menjadi bagian dari penyelenggara negara yang ikut serta dalam memajukan sektor pertanian Indonesia.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments