3 Syarat Sertifikat Komputer CPNS & PPPK yang Diterima

sertifikasi komputer cpns
DAFTAR ISI

Dalam menghadapi persaingan yang ketat dalam seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), memiliki persiapan yang tepat menjadi kunci untuk meraih kesuksesan.

Salah satu persyaratan yang sangat penting adalah sertifikat komputer CPNS & PPPK yang diakui.

Dalam artikel ini, akan menjelaskan mengenai pentingnya sertifikat komputer untuk PPPK & CPNS yang diterima dalam seleksi CPNS dan PPPK, serta membahas syarat-syarat yang perlu Anda penuhi untuk memenuhi persyaratan ini.

Apa Itu Sertifikat Komputer?

Sertifikat komputer adalah sebuah pengakuan resmi yang diberikan kepada individu yang telah lulus dan memenuhi syarat-syarat tertentu dalam bidang komputer dan teknologi informasi.

Sertifikat ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam hal tertentu terkait dengan komputer dan TI.

Sertifikat komputer dapat diberikan untuk berbagai bidang dalam dunia komputer, seperti pemrograman, jaringan komputer, administrasi sistem, keamanan komputer, analisis data, desain web, dan lain sebagainya.

Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh organisasi atau lembaga yang mengkhususkan diri dalam sertifikasi komputer, seperti Microsoft, Cisco, CompTIA, dan Oracle.

Mendapatkan sertifikat komputer seringkali melibatkan mengikuti pelatihan dan ujian yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi.

Proses ini memastikan bahwa individu tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang tertentu.

Sertifikat komputer dapat menjadi aset yang berharga dalam karir seseorang, karena dapat meningkatkan kredibilitas, meningkatkan peluang pekerjaan, dan membuka pintu bagi kemajuan karir dalam industri TI.

Syarat Sertifikat Komputer yang Diterima CPNS dan PPPK

Sertifikat komputer yang diterima dalam seleksi CPNS dan PPPK adalah pengakuan resmi yang diberikan kepada individu yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu dalam bidang komputer dan teknologi informasi.

Sertifikat ini harus diakui oleh lembaga atau instansi yang menyelenggarakan seleksi CPNS atau PPPK.

Dalam konteks seleksi CPNS dan PPPK, sertifikat komputer yang diterima biasanya harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain.

1. Sertifikat Komputer CPNS & PPPK Dikeluarkan oleh Lembaga Terpercaya

Saat rekrutmen CPNS dan PPPK, sertifikat komputer di beberapa formasi jabatan memerlukan calon peserta yang memiliki sertifikat komputer.

Sebaiknya, kalian mencari lembaga yang mengeluarkan sertifikat komputer yang diakui dalam seleksi CPNS dan PPPK.

Namun, dalam persyaratan yang ada lembaga yang mengeluarkan sertifikat komputer tersebut tidak disebutkan secara khusus.

Meski begitu, kalian harus mencari lembaga terpercaya yang berwenang untuk menguji dan memberikan sertifikat komputer secara nasional.

Salah satu cara untuk memastikan legalitas sebuah lembaga adalah dengan menggunakan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), yang dapat diperiksa secara daring oleh masyarakat umum.

Lembaga yang telah memiliki NPSN menunjukkan bahwa lembaga tersebut adalah lembaga resmi yang diakui oleh pemerintah dan terdaftar secara nasional.

Kehadiran NPSN juga menjadi indikator kepercayaan karena untuk memperolehnya, lembaga harus memenuhi semua persyaratan perizinan dan legalitas.

Sehingga segala bentuk sertifikat pelatihan dan tes yang dilakukan lembaga tersebut seperti sertifikat komputer bersifat Resmi dan bisa digunakan untuk mendaftar CPNS atau PPPK.

Pertimbangan lainnya adalah lembaga yang mengeluarkan sertifikat komputer terakreditasi oleh LA (Lembaga Akreditasi) dan LPK (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja) dan BAN (Badan Akreditasi Nasional).

Artinya lembaga tersebut telah melalui proses penilaian yang ketat dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Akreditasi ini merupakan indikasi bahwa lembaga tersebut memiliki reputasi yang baik dan menawarkan program pendidikan atau pelatihan yang berkualitas.

contoh sertifikat computer cpns
Contoh sertifikat komputer yang dikeluarkan oleh Microsoft langsung untuk Excel level Expert

Jenis Sertifikasi yang Diakui

Ada berbagai jenis sertifikasi komputer yang dapat diakui, seperti sertifikasi Microsoft (misalnya, Microsoft Certified Professional atau Microsoft Certified Solutions Associate), sertifikasi Cisco (misalnya, Cisco Certified Network Associate), sertifikasi Oracle (misalnya, Oracle Certified Professional), atau sertifikasi CompTIA (misalnya, CompTIA A+).

Namun umumnya saat penerimaan CPNS, sertifikat yang paling sering diminta adalah sertifikat Mircrosoft (Word, Excel, PowerPoint).

Salah satu contohnya dalam informasi CPNS Kejaksaan RI tahun 2021, untuk jabatan Pengadministrasi Penanganan Perkara formasi umum.

Pada poin nomor 4 disebutkan untuk memiliki keahlian dalam pengoperasian komputer dengan ditunjukkan ijazah / sertifikat komputer minimal program Microsoft Office.

Jadi, persyaratan spesifik mengenai jenis sertifikasi yang diakui dapat berbeda tergantung pada instansi dan jabatan yang kalian lamar.

Untuk posisi tertentu seperti bagian IT, sertifikat Cisco atau Oracle bisa saja diminta.

2. Relevansi dengan Permintaan Jabatan

Sertifikat komputer CPNS & PPPK yang diterima harus relevan dengan jabatan yang kalian lamar.

Seperti pada informasi CPNS Kejaksaan RI tahun 2021, untuk jabatan Pegawai Tahanan / Narapidana formasi umum.

Salah satu persyaratannya adalah memiliki keahlian dalam pengoperasian komputer dengan ditunjukkan ijazah / sertifikat komputer minimal program Microsoft Office.

Jadi, sertifikat komputer yang harus kalian miliki minimalnya adalah program Microsoft Office.

Microsoft Office yang dimaksud disini umumnya sertifikat 3 jenis aplikasi dalam Microsoft Office, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint

Dalam penerimaan CPNS, sertifikat yang paling sering diminta adalah sertifikat Mircrosoft Office (Word, Excel, PowerPoint).

3. Tingkat Pemahaman dan Keterampilan

Sertifikat komputer yang diterima harus menunjukkan bahwa kalian Misalnya jika dalam persyaratan rekrutmen CPNS disebutkan bahwa sertifikat komputer minimal program Microsoft Office.

Maka pada sertifikat komputer tersebut harus menunjukkan tingkat pemahaman mendalam dan keterampilan yang berkaitan dengan berbagai fitur dan fungsi yang terdapat dalam program-program Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlookmemiliki tingkat pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam bidang komputer yang relevan.

Sertifikat tersebut biasanya menguji pemahaman tentang konsep, aplikasi praktis, dan kemampuan problem solving.

Dalam penerimaan CPNS biasanya hanya meminta yang level BASIC, namun tidak menutup kemungkinan ada yang meminta level lebih tinggi.

Namun untuk penerimaan PPPK, bisa saja permintaan keahlian komputernya lebih tinggi, terutama untuk jabatan yang berkaitan dengan teknologi/ IT.

Jadi sertifikat komputer PPPK bisa saja berbeda dengan yang diminta pada seleksi CPNS

Penutup

Dalam era yang semakin tergantung pada teknologi informasi, persyaratan sertifikat komputer yang diterima dalam seleksi CPNS dan PPPK menjadi semakin penting.

Dengan memiliki sertifikat yang diakui, Anda dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian Anda dalam bidang komputer, yang menjadi nilai tambah dalam perjalanan karir Anda.

Pastikan untuk memenuhi syarat-syarat sertifikat komputer untuk CPNS & PPPK yang diminta, dan jangan ragu untuk melanjutkan pengembangan diri Anda dalam bidang teknologi informasi.

Dengan persiapan yang matang, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dalam meraih sukses dalam seleksi CPNS dan PPPK, dan membuka pintu menuju karir yang sukses dalam layanan publik.

Untuk melatih kemampuan kalian dalam ujian CPNS & PPPK nanti, pastikan selalu melatih kemampuan dengan tryout CAT CPNS dan latihan soal PPPK di ASN Institute

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Suci Rizki
Suci Rizki
Passionate Content Writer
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments