Rintis Karir Dosen: Lowongan CPNS Dosen yang Sering Dibuka

peluang cpns dosen
DAFTAR ISI

Dalam dunia pendidikan tinggi, menjadi seorang dosen adalah cita-cita banyak individu yang berminat dalam berbagi pengetahuan dan berkontribusi pada perkembangan akademik.

Salah satu jalur untuk menggapai karir akademik tersebut adalah melalui lowongan CPNS dosen yang sering dibuka.

Lowongan ini memberikan kesempatan kepada calon akademisi untuk bergabung dengan berbagai institusi pendidikan di Indonesia, seperti universitas negeri, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan di bawah naungan kementerian.

Mari kita lihat lebih dekat mengenai lowongan CPNS dosen yang sering dibuka dan peluang yang terbuka bagi mereka yang bercita-cita menjadi seorang pendidik tinggi

Peluang CPNS Dosen

Info CPNS Dosen 2023

Dilansir dari detik.com, Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), mengungkapkan bahwa rekrutmen CPNS dan PPPK dosen akan dilakukan pada bulan September tahun ini.

Hingga saat ini, terdapat total 1.030.751 formasi yang diajukan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Dari jumlah tersebut, 15.858 formasi merupakan formasi CPNS dosen, sementara 6.742 formasi merupakan formasi PPPK dosen.

Azwar Anas menyebutkan bahwa formasi yang telah diajukan telah diserahkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Namun, jumlah formasi tersebut masih dapat berubah jika ada penambahan usulan. Beberapa instansi masih belum mengajukan usulan penambahan pegawai.

Tantangan dan Tips CPNS Dosen

Dosen sendiri merupakan salah satu formasi yang cukup favorit diincar oleh para pelamar CPNS.

Rasio pelamarnya pun cukup rendah, karena kualifikasi yang dibutuhkan untuk melamar wajib S2.

Biasanya untuk 1 formasi dosen dilamar oleh 3-15 orang, tergantung banyaknya lulusan dari jurusan tersebut.

Fyi, Untuk formasi selain dosen biasanya perbandingan pendaftarnya 1:50 bahkan ada yang 1:400

Semakin populer jurusannya, maka pelamarnya cenderung semakin banyak, dan semakin tidak lazim jurusannya maka semakin sedikit pelamarnya.

Biasanya jumlah pelamar dipengaruhi oleh popularitas kampus yang membuka lowongan tersebut.

Namun yang menjadi kendala adalah, pelamar CPNS dosen merupakan orang-orang cerdas yang memiliki kemampuan berfikir diatas rata-rata, sehingga peluang lolosnya bahkan bisa lebih rendah daripada formasi biasa/ umum.

Bahkan ada banyak Magister/ S2 lulusan luar negeri yang ikut mendaftar dalam formasi ini, karena mereka ingin mengabdikan diri pada negara dan meningkatkan mutu pendidikan.

Untuk memenangkan persaingan di formasi CPNS dosen, sebaiknya latih kemampuan dengan Try Out CPNS dari ASN Institute.

Atau Kalian juga bisa ikut dalam program kursus CPNS di ASN Institute

tips lolos cpns dosen yang ampuh
Tips lulus CPNS dosen yaitu dengan memperbanyak latihan soal dan belajar lebih intens

Kementerian yang Memiliki Lowongan CPNS Dosen

Sebelum mengetahui lowongan CPNS dosen yang sering dibuka, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu kementrian yang memiliki institusi pendidikan.

Berikut adalah beberapa kementerian di Indonesia yang memiliki lowongan CPNS dosen dan institusi pendidikan di bawah naungannya.

1. Dosen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertanggung jawab dalam mengembangkan kebijakan nasional di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Di bawah naungannya terdapat lembaga pendidikan diantaranya yang cukup terkenal adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan ratusan universitas atau institut lainnya

Selain itu untuk jenis pendidikan vokasi, ada puluhan politeknik negeri yang dibawahi oleh kementerian pendidikan antara lain yang cukup terkenal: Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri bandung (POLBAN), Politeknik Negeri Bali (PNB), dan lainnya.

2. Dosen Kementerian Agama

Kementerian Agama (Kemenag) bertugas mengelola pendidikan agama di Indonesia, termasuk lembaga-lembaga pendidikan agama seperti pesantren, sekolah agama, dan perguruan tinggi agama.

Ada banyak Perguruan Tinggi Keagamaan yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian Agama. Ada beberapa jenis perguruan tinggi yang termasuk ke dalam kategori ini, antara lain universitas Islam negeri (UIN), institut agama Islam negeri (IAIN), Institut Agama Kristen Negeri (IAKN), dan sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN).

Diantaranya yang cukup terkenal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. UIN Alauddin Makassar, Institut Agama Kristen Negeri Ambon, dll

3. Dosen Kementerian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berperan dalam pengelolaan dan pengawasan IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Dilansir dari trial.ipdn.ac.id, peraturan Presiden (Perpres) nomor 1 tahun 2009 diikuti oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 36 tahun 2009 mengenai Statuta IPDN dan Permendagri nomor 39 tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja IPDN, yang menegaskan bahwa IPDN merupakan bagian dari Kementerian Dalam Negeri yang bertanggung jawab dalam menjalankan fungsi pendidikan tinggi kepamongprajaan.

4. Dosen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terdapat beberapa institusi pendidikan yang berperan dalam mengembangkan sumber daya manusia di sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia.

Institusi pendidikan yang terkait dengan Kementerian ESDM adalah Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) dan Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung.

5. Dosen Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terdapat beberapa institusi pendidikan yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang hukum dan hak asasi manusia di Indonesia.

Institusi pendidikan yang terkait dengan Kemenkumham adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM).

6. Dosen Kementerian Ketenagakerjaan

Kementerian Ketenagakerjaan memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

Politeknik Ketenagakerjaan (POLTEKNAKER) merupakan perguruan tinggi yang dikelola Kementerian Ketenagakerjaan.

7. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang komunikasi dan informatika.

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

8. Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan berfokus pada pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di Indonesia.

Di bawah naungannya terdapat lembaga pendidikan dan penelitian kelautan, beberapa diantaranya adalah Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung, Politeknik Kelautan dan Perikanan Kerawang, Politeknik Kelautan dan Perikanan Maluku, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

9. Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan bertugas mengatur dan mengawasi sektor kesehatan di Indonesia. Di bawah naungannya terdapat 38 Poltekkes Kemenkes yang ada di Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Gorontalo, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan dan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya.

10. Dosen Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang keuangan.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan kampus yang berada di bawah naungan Kemenkeu.

11. Dosen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dibawah naungannya terdapat beberapa kampus, yaitu Politeknik Pariwisata Palembang, Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Politeknik Pariwisata Bali, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Lombok dan Politeknik Pariwisata Makassar.

12. Dosen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat di Indonesia.

Politeknik Pekerjaan Umum merupakan kampus yang berada di bawah naungan Kementrian PUUPR.

13. Dosen Kementerian Perdagangan

Kementerian Perdagangan memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang perdagangan di Indonesia.

Akademi Metrologi dan Instrumentasi (AKMET) merupakan kampus yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan.

14. Dosen Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan memiliki peran penting dalam mengembangkan sumber daya manusia di sektor transportasi di Indonesia.

Dibawah naungannya terdapat beberapa kampus, beberapa diantaranya adalah Polteknik Transportasi Darat Indonesia STTD, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

15. Dosen Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor industri di Indonesia.

Dibawah naungannya terdapat beberapa kampus, beberapa diantaranya adalah Politeknik STMI Jakarta, Politeknik STTT Bandung, Politeknik ATI Padang, Politeknik Industri Logam Morowali (PILM), Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (AK Tekstil).

16. Dosen Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang pertahanan dan keamanan di Indonesia.

Secara teknis fungsional Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) dibina oleh Kementerian Pertahanan.

17. Dosen Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) bertanggung jawab dalam pengembangan sektor pertanian di Indonesia.

Di bawah naungannya terdapat institusi pendidikan, beberapa diantaranya adalah Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari.

18. Dosen Kementerian Sosial

Kementerian Sosial memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang sosial dan kesejahteraan di Indonesia.

Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKESOS) berada dibawah naungan Kementerian Sosial.

Lulus CPNS dosen cukup sulit karena saingan sesama magister
Lulus CPNS dosen cukup sulit karena saingan sesama magister

Lowongan CPNS Dosen yang Sering Dibuka

Diantara Kampus yang dibawahi oleh kementerian, ada 2 Lowongan CPNS Dosen yang Sering Dibuka yaitu:

Lowongan CPNS Dosen di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek)

CPNS dosen di Kemendikbudristek merujuk pada proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengisi posisi pengajar di lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian tersebut.

Kemendikbudristek memiliki berbagai institusi pendidikan di bawahnya, seperti universitas negeri, institut teknologi, politeknik, dan lembaga pendidikan lainnya.

Oleh karena itu, saat rekrutmen CPNS, lembaga ini seringkali membuka lowongan CPNS dosen.

CPNS dosen dapat ditempatkan di berbagai institusi pendidikan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan pemerintah.

Lowongan CPNS Dosen di Kementerian Agama (Kemenag)

CPNS dosen di Kementerian Agama (Kemenag) merujuk pada proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan oleh Kementerian tersebut untuk mengisi posisi pengajar di perguruan tinggi agama Islam atau lembaga pendidikan keagamaan lainnya yang berada di bawah naungannya.

Kemenag memiliki berbagai institusi pendidikan di bawahnya, seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), atau lembaga pendidikan keagamaan lainnya.

Oleh karena itu, lembaga ini seringkali membuka lowongan CPNS dosen saat rekrutmen CPNS. CPNS dosen dapat ditempatkan di berbagai institusi pendidikan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan pemerintah.

Penutup

Lowongan CPNS dosen merupakan peluang berharga bagi kalian yang bercita-cita untuk menjadi seorang pendidik tinggi dan berkontribusi dalam dunia akademik.

Bagi kalian yang tertarik, penting untuk terus memantau situs resmi pemerintah dan instansi terkait untuk mendapatkan informasi terkini tentang lowongan CPNS dosen yang sedang dibuka.

Jika kalian memiliki minat dan keahlian di bidang akademik, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meniti karir sebagai seorang dosen dan mewujudkan impian kalian dalam dunia pendidikan tinggi.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Suci Rizki
Suci Rizki
Passionate Content Writer
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments