Syarat Masuk IPDN, Lulus Langsung Jadi PNS

syarat masuk ipdn
DAFTAR ISI

Sekolah kedinasan adalah salah satu opsi yang banyak diminati para lulusan SMA dan MA. Salah satunya adalah Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), yaitu sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Lantas, apa saja ya syarat masuk IPDN?

Mengenal IPDN

Logo IPDN 1
Institutusi Pemerintahan Dalam Negeri (img: IPDN)

Sebelum membahas persyaratan masuk IPDN, ada baiknya kita mengenal lebih jauh IPDN.

IPDN berada di tingkat yang sama dengan perguruan tinggi. Dan nantinya, lulusan IPDN bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bidangnya ada di lembaga terkait.

Sedangkan di IPDN sendiri terdapat 3 fakultas yang bisa kamu pilih, dan masing-masing memiliki beberapa opsi program studi (prodi). 

Pembagian fakultas dan prodi IPDN adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Politik Pemerintahan
    1. Prodi Politik Indonesia (Polindo)
    2. Prodi Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (PEPM)
    3. Prodi Studi Kebijakan Publik (SKP)
  2. Fakultas Manajemen Pemerintahan
    1. Prodi Administrasi Pemerintahan Daerah (Adpemda)
    2. Prodi Keuangan Publik atau Keuangan Daerah
    3. Prodi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
    4. Prodi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan (TRIP)
  3. Fakultas Hukum Tata Pemerintahan
    1. Prodi Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)
    2. Prodi Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik (MKKP)
    3. Prodi Perpolisian Tata Pamong (Perpolta)

Tak heran jika banyak yang bercita-cita masuk IPDN maupun sekolah kedinasan lainnya. Soalnya, jalan menjadi CPNS jauh lebih pasti.

Ditambah lagi, biaya pendidikan di IPDN gratis alias tidak ada biaya sama sekali. Bahkan peserta didik malah akan mendapatkan uang saku plus fasilitas asrama.

Syarat Masuk IPDN

Ilustrasi Praja IPDN
Ilustrasi Praja IPDN. (img: detik)

Makin berminat untuk masuk IPDN? Kalau iya, kamu jelas harus tahu apa saja persyaratan masuk IPDN. Dan bicara soal syarat masuk IPDN, pada dasarnya ada 3 jenis syarat yang harus kamu persiapkan, yaitu syarat umum, syarat administrasi, dan syarat khusus.

Syarat Umum Masuk IPDN

Sesuai dengan laman https://spcp.ipdn.ac.id, syarat umum masuk IPDN adalah sebagai berikut:

  • Merupakan warga negara Indonesia (WNI).
  • Usia maksimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal yang ditetapkan dalam syarat umum.
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

Syarat Administrasi IPDN

Jika kalian sudah memenuhi syarat daftar IPDN yang umum, maka kalian bisa melengkapi adniministrasinya.

Sedangkan untuk syarat administrasinya meliputi poin-poin berikut ini:

  • Ijazah minimal SMA atau MA, termasuk lulusan Paket C dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Minimal nilai rata-rata di ijazah adalah 70,00 untuk nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah, dan
    • Minimal nilai rata-rata di ijazah adalah 65,00 bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat untuk nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah.
  • Untuk ijazah yang diperoleh dari sekolah luar negeri wajib mendapatkan pengesahan terlebih dahulu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek).
  • E-KTP untuk kamu yang sudah berusia 17 tahun, atau Kartu Keluarga (KK) untuk kamu yang belum memiliki e-KTP.
  • Telah berdomisili selama minimal 1 (satu) tahun secara sah di provinsi di mana kamu mendaftar, yang dihitung pada tanggal awal pendaftaran. Syarat ini dibuktikan lewat e-KTP, KK dan Surat Pindah (untuk kamu yang pindah tempat tinggal), serta dokumen-dokumen lainnya yang berkaitan dengan domisili. Pengecualian bagi orang tua kandung peserta yang lahir di tempat pendaftaran, seperti yang dibuktikan oleh akta kelahiran orang tua dan/atau surat penempatan pindah tugas orang tua yang dibuat oleh instansi masing-masing. Jika terbukti ada pemalsuan/rekayasa/duplikasi keterangan, kamu harus siap ditindak berdasarkan hukum yang berlaku.
  • Surat Keterangan Kelas XII SMA/MA dan ditandatangani Kepala Sekolah ataupun pejabat lain yang berwenang dengan cap atau stempel basah apabila kamu merupakan lulusan tahun ajaran yang sama dengan tahun pendaftaran.
  • Untuk kamu peserta asal Papua, siapkan juga Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang ditandatangani Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota atau Kabupaten masing-masing, serta diketahui oleh Ketua/Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP).
  • Pakta Integritas.
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba yang diterbitkan Rumah Sakit Bhayangkara Polri atau Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta, ataupun Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi/Kota/Kabupaten.
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Rumah Sakit Pemerintah ataupun Swasta.
  • Alamat email yang aktif digunakan.
  • Pasfoto ukuran 4×6 cm dan berwarna yang menghadap ke depan, tidak memakai kacamata, dan mengenakan kemeja lengan panjang warna putih polos berlatar belakang warna merah.

Syarat Khusus Daftar IPDN

Dan untuk syarat khusus masuk IPDN meliputi:

  • Tidak terancam atau sedang menghadapi hukuman pidana dikarenakan tindakan kejahatan.
  • Bagi peserta pria, tidak memiliki tindik maupun bekas tindikan di telinga atau anggota badan lainnya, kecuali tindik karena ketentuan adat atau agama.
  • Tidak bertato.
  • Tidak menggunakan lensa kontak atau kacamata.
  • Pendaftar belum pernah kawin atau menikah. Dan untuk pendaftar wanita, pendaftar belum pernah hamil maupun melahirkan.
  • Belum pernah diberhentikan secara tidak terhormat sebagai Praja IPDN maupun perguruan tinggi lain.
  • Bagi pendaftar yang sudah dinyatakan lulus dan dikukuhkan menjadi Praja IPDN, pendaftar juga harus memenuhi poin-poin berikut ini:
    • Sanggup untuk tidak kawin/menikah selama menempuh pendidikan.
    • Bersedia untuk diangkat jadi CPNS/PNS, serta ditempatkan/ditugaskan di semua wilayah NKRI untuk pendaftar yang memilih kuota provinsi. Dan bagi pendaftar yang memilih kuota Kota/Kabupaten, pendaftar bersedia diangkat jadi CPNS/PNS sesuai kuota yang dipilih ketika pendaftaran. Dan pendaftar bersedia ditempatkan di semua proses pembelajaran yang ada di seluruh kampus IPDN.
    • Bersedia untuk menaati seluruh peraturan yang diberlakukan di IPDN.
    • Bersedia untuk diberhentikan sebagai Praja IPDN apabila terbukti melakukan Pelanggaran Disiplin Praja seperti yang telah diatur di dalam Pedoman Tata Kehidupan Praja.
    • Bersedia untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku apabila pendaftar terbukti telah memalsukan identitas maupun dokumen.

Itu dia rangkuman panduan mengenai syarat masuk IPDN, yang meliputi syarat umum, administrasi, dan khusus. Semoga informasinya bisa membantu mempersiapkan diri lebih baik menjelang tes masuk IPDN, ya!

Untuk kalian yang serius masuk IPDN, latihan soal kedinasan dari ASN Institute akan membatu kalian untuk bisa menjawab soal SKD lebih muda

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Taufiq
Taufiq
Digital Strategist & Development. High interest in education and technology. Berharap bisa membantu banyak orang menjadi ASN dengan implementasi teknologi dalam pembelajaran
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments