Sistem Seleksi CPNS 2023 yang Awalnya CAT menjadi CACT

sistem seleksi
DAFTAR ISI

Tahun 2023 menawarkan peluang emas bagi para pencari karir di Indonesia dengan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

Bagi yang bercita-cita menjadi bagian dari sektor pemerintahan, inilah saatnya untuk meraih kesempatan itu.

Artikel ini akan menjadi panduan yang lengkap untuk mengetahui program baru penilaian kompetensi bagi CPNS 2023.

Mengenal Sistem Seleksi CPNS 2023

Humas BKN, Asesor SDM Aparatur Ahli Utama BKN menegaskan bahwa penilaian kompetensi ASN adalah prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024 untuk memperkuat manajemen bakat ASN.

Adapun Hasil studi banding menunjukkan bahwa penilaian potensi dan kompetensi melibatkan 4,3 juta ASN di seluruh Indonesia.

Implementasi tugas pembinaan dan penilaian kompetensi ASN memerlukan strategi, termasuk mempercepat penyediaan data melalui penilaian kompetensi berbasis digital menggunakan Computer Assisted Competency Test (CACT).

Apa Itu CACT?

Computer Assisted Competency Test (CACT) mengacu pada Tes Kompetensi yang dibantu oleh Komputer.

Tes Ini adalah jenis ujian yang menggunakan teknologi komputer dan perangkat lunak untuk mengukur kemampuan dan keterampilan individu dalam suatu bidang tertentu.

Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas atau tanggung jawab tertentu.

Pada tes ini, komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan pertanyaan, mengumpulkan jawaban, dan menghasilkan hasil evaluasi.

Cakupan kompetensi yang diukur oleh CACT

Berikut Cakupan Kompetensi yang diukur oleh program CACT untuk CPNS 2023 yaitu sebagai berikut:

Emerging skills

Emerging Skills adalah istilah yang mengacu pada keterampilan atau kemampuan baru yang sedang muncul atau berkembang dalam dunia kerja dan masyarakat.

Keterampilan ini sering kali muncul sebagai respons terhadap perkembangan teknologi, perubahan dalam tuntutan pekerjaan, atau evolusi dalam cara kita berinteraksi dengan lingkungan kita.

Penting untuk terus mengidentifikasi dan mengembangkan emerging skills karena dunia kerja terus berubah dengan cepat.

Keterampilan yang diperlukan pada masa lalu mungkin sudah tidak relevan atau perlu ditingkatkan. Beberapa contoh emerging skills meliputi:

1. Keterampilan Digital

Dalam era digital, kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak, alat digital, dan analisis data semakin penting. Ini termasuk pemahaman tentang platform digital, analisis data, pemrograman, desain grafis, dan lebih banyak lagi.

2. Keterampilan Kreatif

Dengan perkembangan teknologi, kreativitas menjadi penting untuk menghasilkan solusi baru, desain inovatif, dan konten menarik.

3. Keterampilan Adaptasi

Kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan dan teknologi sangat penting, mengingat perubahan yang terjadi begitu cepat.

4. Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi

Dalam lingkungan kerja yang semakin global dan terhubung, kemampuan berkomunikasi secara efektif dan bekerja dalam tim sangat penting.

5. Keterampilan Kepemimpinan dan Manajemen

Kemampuan untuk memimpin tim, mengelola proyek, dan memotivasi anggota tim semakin penting, terutama dengan perubahan dinamika organisasi.

6. Keterampilan Keberlanjutan

Dalam konteks perhatian global terhadap lingkungan, pemahaman tentang keberlanjutan dan bagaimana menerapkannya dalam berbagai konteks bisnis menjadi semakin penting.

7. Keterampilan Kecerdasan Emosional

Kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi sendiri serta emosi orang lain semakin dihargai, terutama dalam hubungan kerja yang produktif.

Penting untuk terus mengikuti perkembangan tren dan tuntutan di dunia kerja serta masyarakat secara keseluruhan untuk memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan yang relevan dan dibutuhkan untuk sukses di berbagai bidang.

Manajerial

Manajerial merujuk pada hal-hal yang berkaitan dengan manajemen atau pengelolaan suatu organisasi, proyek, atau aset.

Manajerial mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, serta pengambilan keputusan dalam konteks bisnis atau pengelolaan sumber daya.

Keterampilan manajerial melibatkan kemampuan untuk merencanakan strategi, mengkoordinasikan tugas, mengelola tim, dan membuat keputusan yang efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Sosial Kultural

Sosial kultural berkaitan dengan aspek-aspek sosial dan budaya dalam masyarakat. Sosial Kultural mencakup norma-norma, nilai-nilai, praktik-praktik, interaksi sosial, dan pola perilaku yang ada dalam kelompok manusia.

Aspek sosial mengacu pada hubungan antarindividu dan kelompok, sementara aspek kultural merujuk pada segala hal yang terkait dengan budaya, seperti bahasa, agama, seni, kebiasaan, dan tradisi yang membentuk identitas suatu kelompok atau masyarakat.

Dalam banyak konteks, keterampilan manajerial dapat diterapkan dalam berbagai lingkungan, termasuk bisnis, organisasi nirlaba, pemerintahan, dan sektor publik. Sosial kultural, di sisi lain, mencakup pemahaman tentang kompleksitas dan keragaman budaya, serta kemampuan untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan berbagai kelompok sosial dan budaya dalam masyarakat global yang semakin terhubung.

Apa Itu Tes CAT PNS

sistem seleksi
ilustrasi sistem seleksi cpns (img:google)

Tes CAT (Computer Assisted Test) untuk seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah metode ujian yang menggunakan komputer sebagai alat untuk mengukur kemampuan dan kompetensi calon pegawai dalam berbagai aspek.

Sistem ini diperkenalkan untuk meningkatkan transparansi, objektivitas, dan efisiensi dalam proses seleksi PNS.

Jenis-Jenis Tes CAT PNS

Berikut Jenis-Jenis Tes CAT PNS yaitu sebagai berikut:

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Tes ini mengukur kemampuan verbal, numerik, dan logika calon pegawai. Tes ini mencakup soal-soal seperti membaca pemahaman, menghitung matematika dasar, serta menyelesaikan masalah logika.

2. Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Tes ini mengukur pengetahuan dan keterampilan calon pegawai dalam bidang pekerjaan yang akan dijalani. Materi ujian TKB disesuaikan dengan jabatan yang dilamar.

Misalnya, untuk jabatan teknis akan ada pertanyaan-pertanyaan yang lebih spesifik terkait bidang teknis tersebut.

3. Tes Kepribadian (Psikotes)

Tes ini digunakan untuk mengukur aspek kepribadian dan karakter calon pegawai, seperti kepemimpinan, kerjasama tim, kedisiplinan, dan lain-lain.

4. Tes Wawasan Kebangsaan

Tes ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman calon pegawai tentang wawasan kebangsaan, sejarah, dan budaya Indonesia.

5. Tes Bahasa Asing (jika diperlukan)

Terkadang, tes ini diberlakukan terutama jika posisi atau jabatan memerlukan kemampuan berbahasa asing.

Sistem Seleksi PPPK

Sistem seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Indonesia melibatkan beberapa tahap, seperti:

1. Pendaftaran

Calon pelamar mengajukan beberapa berkas melalui platform yang ditentukan oleh pemerintah.

2. Seleksi Administrasi

Calon pelamar akan diuji berdasarkan persyaratan administratif, seperti pendidikan dan pengalaman kerja yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

3. Ujian Kompetensi

Calon pelamar akan mengikuti ujian tertulis atau ujian komputer yang menguji pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan jabatan yang dilamar.

4. Wawancara

Beberapa instansi pemerintah mungkin juga melaksanakan wawancara untuk mengevaluasi kemampuan interpersonal dan komunikasi calon pelamar.

5. Asesmen Tambahan

Terkadang, terutama untuk jabatan-jabatan yang kritis, tes fisik atau psikologi mungkin diperlukan.

6. Pengumuman Hasil

Setelah semua tahap seleksi selesai, hasil seleksi akan diumumkan kepada calon pelamar.

7. Penempatan

Calon pelamar yang dinyatakan lulus seleksi akan ditempatkan pada posisi yang sesuai di lingkungan pemerintahan.

Beberapa Manfaat Dari Tes CACT

Berikut beberapa Manfaat dari Tes CACT yaitu Sebagai Berikut:

1. Efisiensi

Ujian yang dibantu komputer dapat mengelola banyak peserta ujian dalam waktu yang singkat, mengurangi kebutuhan akan administrasi manual.

2. Adaptive Testing

Tes adaptif memanfaatkan teknologi komputer untuk menyesuaikan tingkat kesulitan pertanyaan berdasarkan kinerja peserta. Ini membantu dalam mengukur kemampuan secara lebih akurat.

3. Umpan Balik Instan

Dengan tes yang dibantu komputer, peserta ujian dapat segera melihat umpan balik tentang kinerja mereka, membantu mereka mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan.

5. Analisis Data

Tes yang dilakukan melalui komputer menghasilkan data yang dapat dianalisis untuk memperbaiki tes itu sendiri, mengidentifikasi tren kinerja, dan menginformasikan strategi pembelajaran.

6. Keamanan

Ujian berbasis digital dapat memiliki langkah-langkah keamanan yang lebih baik untuk mencegah kecurangan dan akses yang tidak sah ke konten ujian.

7. Aksesibilitas

Tes yang dibantu komputer sering dapat memenuhi berbagai kebutuhan aksesibilitas, seperti font yang dapat diatur, pembaca layar, dan lainnya.

8. Ujian Jarak Jauh

Tes yang dibantu komputer memungkinkan pelaksanaan ujian dari jarak jauh, yang berguna terutama dalam situasi di mana peserta ujian berada di lokasi yang berbeda.

Metode penilaian berbasis digital ini, yang dikenal sebagai CACT, diadakan secara luas dan terintegrasi dengan instansi melalui Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Penilaian ini mencakup berbagai kompetensi seperti emerging skills, manajerial, sosial kultural, dan literasi digital.

CPNS Lulusan SMA

CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) bagi lulusan SMA adalah kesempatan bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas untuk mengikuti seleksi dan memasuki karier dalam layanan pemerintah di berbagai instansi.

Posisi Lulusan SMA dalam seleksi CPNS

Posisi yang biasanya terbuka bagi lulusan SMA dalam seleksi CPNS adalah sebagai berikut:

1. Petugas Kebersihan

Instansi pemerintah memerlukan petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan kerja.

2. Tenaga Administrasi

Banyak instansi pemerintah membutuhkan staf administrasi untuk mengelola dokumen, data, dan administrasi umum.

3. Petugas Keamanan

Beberapa posisi petugas keamanan atau petugas kepolisian sipil biasanya tersedia dalam seleksi CPNS.

4. Pekerjaan Teknis Sederhana

Beberapa pekerjaan teknis sederhana, seperti teknisi peralatan, pelayanan masyarakat, atau pekerjaan yang memerlukan keterampilan teknis, bisa tersedia.

5. Tenaga Kesehatan

Dalam beberapa kasus, posisi kesehatan sederhana seperti petugas kesehatan masyarakat atau tenaga kesehatan lainnya dapat dibuka.

Langkah-Langkah Persiapan CPNS 2023

Berikut beberapa langkah-langkah yang perlu dipersiapkan bagi CPNS

1. Memahami Format Ujian

Pertama, perlu memahami format dan jenis soal yang kemungkinan akan muncul dalam ujian. Ini termasuk tes pengetahuan umum, Bahasa Indonesia, logika, dan pengetahuan administratif.

2. Penguasaan Materi

Persiapkan diri dengan memahami berbagai materi yang akan diuji. Ini termasuk pengetahuan umum tentang Indonesia, perkembangan terkini, kebijakan pemerintah, dan bidang spesifik terkait.

3. Praktik Soal

Latihan membuat sempurna. Cari soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya dan berlatihlah. Ini membantu mengasah kemampuan menjawab, meningkatkan kecepatan, dan mengurangi kecemasan.

4. Kemampuan Bahasa

Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting. Latih keterampilan membaca, menulis, dan berbicara agar dapat berkomunikasi dengan jelas.

5. Memahami Tata Kelola Pemerintahan

Pahami struktur pemerintahan, kebijakan, dan administrasi. Ini akan membantu menjawab pertanyaan tentang tata kelola negara.

CPNS 2023 adalah peluang yang tak boleh dilewatkan bagi mereka yang ingin berkarir dalam pemerintahan.

Persiapan yang matang, penguasaan materi, dan kemampuan menjawab dengan baik akan membantu Anda menghadapi ujian dengan percaya diri.

Ingatlah, sukses datang dari kerja keras dan tekad.

Dengan panduan ini, semoga Anda siap menghadapi CPNS 2023 dan meraih kesuksesan dalam karir pemerintahan.

Jangan ragu untuk terus mengikuti informasi kursus cpns yang dapat ditemukan diberbagai platform resmi serta perbanyak latihan soal SKD CPNS mulai dari sekarang agar anda memperoleh skor yang memuaskan, Semangat Terus Pejuang Karir!!!

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Aisyah S
Aisyah S
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments