Rekrutmen Polri 2024: Siap Sambut 2000 Anggota Baru

rekrutmen polri
DAFTAR ISI

Pengumuman telah dibuka untuk rekrutmen polri sebanyak 10.000 anggota baru dalam kurun waktu 2024 hingga 2028 mendatang.

Keputusan ini diambil untuk memperkuat kehadiran polisi di Tanah Papua melalui rekrutmen polri yang lebih masif dan terarah, mengingat tantangan keamanan yang unik di wilayah tersebut

Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menjelaskan bahwa rekrutmen ini akan difokuskan pada penempatan anggota baru di empat Provinsi Papua yang berada di bawah jajaran Polda.

Provinsi-provinsi tersebut meliputi Papua, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Wilayah kaya sumber daya alam ini, masih minim kehadiran kepolisian. Terlihat dari jumlah Polsek yang minim, seperti di Polres Ndagu dan Puncak yang hanya memiliki satu hingga dua Polsek.

rekrutmen polri
Source Image:cendrawasih pos

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri, menyambut baik keputusan untuk meningkatkan jumlah personel melalui rekrutmen Polri di wilayah Polda Papua.

Ia berharap penambahan ini akan memperpendek jangkauan pelayanan kepada masyarakat. 

Irjen Pol Dedi Prasetyo menegaskan bahwa proses perekrutan akan dimulai pada bulan April 2024, dengan target awal sebanyak 2.000 orang.

 Mereka akan menjalani pendidikan di Pulau Jawa, terutama di Sekolah Polisi Negara (SPN).

Kehadiran Polri di Tanah Papua telah menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas dan ketertiban di wilayah tersebut.

Penerimaan 2.000 personel baru ini akan diutamakan bagi Orang Asli Papua (OAP) atau mereka yang lahir dan besar di Tanah Papua.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat setempat serta meminimalisir permohonan pindah dari Papua.

rekrutmen polri
Source Image: papua-inews

Proses seleksi akan melalui serangkaian tahapan yang ketat untuk memastikan bahwa anggota yang terpilih memenuhi standar keamanan dan profesionalisme yang tinggi.

Selain itu, akan ada pelatihan khusus bagi anggota yang akan ditempatkan di Tanah Papua.

Mereka akan menjalani pendidikan di berbagai SPN selama lima bulan sebelum dikembalikan ke wilayah tersebut

Rekrutmen Polri 2024

Dalam rekrutmen tahun 2024, sebanyak 2.000 personel baru termasuk paramedis, terutama dokter sebanyak 150 orang.

Kerja sama dengan Universitas Cenderawasih diharapkan dapat memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas di wilayah tersebut.

Melalui langkah ini, Polri berharap dapat meningkatkan keamanan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat di Tanah Papua.

Polri berkomitmen memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di daerah yang membutuhkan perhatian ekstra seperti Tanah Papua.

Rekrutmen polri besar-besaran ini diharapkan membuka peluang bagi warga setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di daerahnya.

Anggota Polri dari masyarakat lokal diharapkan memperkuat rasa kepercayaan dan keterlibatan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penegakan hukum.

Polri menganggap peningkatan jumlah personel sebagai langkah strategis untuk mengatasi ancaman keamanan yang semakin kompleks di Tanah Papua.

rekrutmen polri
Source Image: tribun-papua.com

Dengan SDM yang memadai, Polri diharapkan dapat tugasnya secara efektif dan efisien, memberikan rasa aman, dan perlindungan, terutama di daerah rawan konflik di Indonesia.

Dalam rekrutmen polri ini, akan memastikan bahwa setiap calon anggota yang terpilih akan melewati proses seleksi yang ketat dan transparan.

Standar keamanan, profesionalisme, dan etika yang tinggi akan menjadi prioritas utama dalam menyeleksi calon anggota baru Polri.

Polri di Tanah Papua diharapkan semakin kuat dan efektif menjalankan fungsi sebagai penegak hukum, pelindung masyarakat, dan penjaga keamanan nasional.

Rekrutmen polri ini diharapkan memberikan dampak positif signifikan bagi keamanan dan kesejahteraan masyarakat Papua serta memperkuat persatuan Indonesia.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments