Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui!

pangkat tni
DAFTAR ISI

Tingkatan pangkat TNI AD, AL, dan AU merupakan hal yang sangat penting dalam hierarki militer Indonesia.

Sistem pangkat ini tidak hanya menandai tingkat senioritas seseorang dalam angkatan bersenjata, tetapi juga mencerminkan tanggung jawab dan kewenangan yang dimilikinya.

Untuk mencapai pangkat yang lebih tinggi, prajurit TNI harus memenuhi sejumlah syarat yang ketat, seperti kualifikasi pendidikan, pengalaman di lapangan, dan kemampuan kepemimpinan.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang tingkatan pangkat dan persyaratan kenaikan pangkat, prajurit TNI dapat mengarahkan karier militer mereka dengan lebih efektif dan meraih prestasi yang lebih tinggi dalam dinamika tugas-tugas pertahanan negara.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang hierarki militer dan syarat-syarat kenaikan pangkat sangatlah vital bagi setiap anggota TNI yang ingin mengembangkan karier mereka dalam layanan militer.

Urutan Pangkat TNI

Urutan pangkat TNI merujuk pada struktur hierarki atau tingkatan keperwiraan dan kepangkatan yang ada dalam Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Struktur ini terdiri dari tiga angkatan utama: Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU), serta angkatan khusus seperti Korps Marinir dan Korps Pasukan Khas (Kopassus).

Dalam setiap angkatan, terdapat berbagai tingkatan pangkat mulai dari prajurit biasa hingga pangkat tertinggi.

Susunan pangkat ini mencerminkan hierarki dan kewenangan yang dimiliki oleh setiap personel militer.

pangkat tni
Source Image: Lawupost.com

Secara umum, urutan pangkat TNI dimulai dari tingkat prajurit hingga pangkat paling senior, seperti Jenderal atau Laksamana.

Setiap tingkat pangkat memiliki tanggung jawab dan tugas yang berbeda-beda. Biasanya, semakin tinggi pangkat seseorang, semakin besar pula tanggung jawab dan kewenangannya dalam memimpin dan mengambil keputusan.

Kenaikan pangkat dalam TNI biasanya didasarkan pada faktor-faktor seperti pengalaman, pendidikan militer, kinerja, dan kemampuan kepemimpinan.

Memahami urutan pangkat TNI penting bagi setiap anggota TNI, karena ini akan memandu mereka dalam mengarahkan karier militer mereka dan mengerti struktur organisasi serta tata kerja di dalamnya.

Selain itu, pemahaman yang baik tentang urutan pangkat juga membantu dalam memahami dinamika hubungan antar-sesama anggota TNI serta dalam menjalankan tugas-tugas militer dengan efektif.

Urutan Pangkat TNI AD

1. Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan di Angkatan Darat, yang dikenal dengan sebutan Jenderal Besar, memegang nilai simbolis yang sangat penting.

Pangkat ini ditandai dengan lambang bintang lima emas, yang menjadi representasi dari kebesaran dan kontribusi luar biasa para tokoh militer tersebut terhadap negara dan angkatan bersenjata.

Hanya tiga individu yang memperoleh pangkat kehormatan ini, yaitu Jenderal Besar Soedirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar Soeharto.

Mereka merupakan sosok-sosok yang telah meninggalkan jejak sejarah yang tak terlupakan dalam pembangunan dan pertahanan negara, serta menjadi teladan dalam kepemimpinan militer di Indonesia.

pangkat tni ad
Source Image: Goodnewsfromindonesia

Dengan memperingati dan menghormati pangkat kehormatan ini, Angkatan Darat juga mengabadikan nilai-nilai kepahlawanan, keberanian, dan dedikasi yang menjadi ciri khas dari para tokoh tersebut, sebagai inspirasi bagi generasi militer masa depan.

2. Perwira Tinggi

Di Angkatan Darat, terdapat empat tingkatan kepangkatan yang dikenal sebagai perwira tinggi. Mereka adalah Jenderal, Letnan Jenderal, Mayor Jenderal, dan Brigadir Jenderal.

Jenderal, sebagai pangkat tertinggi, diidentifikasi dengan lambang empat bintang emas. Lambang ini menandakan posisi paling senior dalam struktur kepangkatan Angkatan Darat.

Letnan Jenderal, dengan lambang tiga bintang emas, menduduki peringkat di bawah Jenderal.

Selanjutnya, Mayor Jenderal, yang ditandai dengan dua bintang emas, menempati posisi di bawah Letnan Jenderal.

Pangkat terakhir di jajaran perwira tinggi adalah Brigadir Jenderal, dengan lambang satu bintang emas.

Pada pakaian Dinas Lapangan, para perwira tinggi memakai lambang bintang berwarna hitam sebagai identifikasi pangkat mereka.

urutan pangkat tni
Source Image: Blogspot.com

3. Perwira Menengah

Dalam struktur kepangkatan perwira menengah Angkatan Darat, terdapat tiga tingkatan, yaitu Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor.

Kolonel, ditandai dengan lambang tiga bunga melati emas, adalah pangkat tertinggi dalam jajaran perwira menengah Angkatan Darat.

Letnan Kolonel, dengan lambang dua bunga melati emas, menduduki pangkat di bawah Kolonel.

Sementara itu, pangkat terendah dalam perwira menengah adalah Mayor, yang ditandai dengan lambang satu bunga melati emas.

Pada Pakaian Dinas Lapangan, lambang pangkat perwira menengah adalah melati berwarna hitam.

pangkat tni al
Source Image: Berita.99.co

4. Perwira Pertama

Dalam struktur kepangkatan perwira pertama, terdapat tiga tingkatan, yaitu Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Kapten, sebagai pangkat tertinggi dalam jajaran perwira pertama, ditandai dengan lambang tiga garis berwarna emas.

Letnan Satu, berada di bawah Kapten, ditandai dengan lambang dua garis emas.

Sementara Letnan Dua, sebagai pangkat terendah dalam perwira pertama, ditandai dengan lambang dua garis emas.

Pada Pakaian Dinas Lapangan, lambang pangkat perwira pertama adalah garis-garis berwarna hitam.

urutan pangkat tni ad
Source Image: Navigasibisnisterpercaya

5. Bintara Tinggi

Dalam struktur kepangkatan bintara tinggi, terdapat dua pangkat, yaitu Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pembantu Letnan Satu ditandai dengan lambang dua garis bergelombang berwarna emas, sementara Pembantu Letnan Dua ditandai dengan lambang satu garis bergelombang berwarna emas.

Pada Pakaian Dinas Lapangan, lambang pangkat bintara tinggi berupa garis bergelombang dengan warna hitam.

urutan pangkat tni al
Source Image: Goodnewsfromindonesia

6. Bintara

Dalam struktur kepangkatan bintara, terdapat empat pangkat, yaitu Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

Sersan Mayor, atau biasa disingkat sebagai Serma, merupakan pangkat tertinggi dalam struktur kepangkatan bintara. Lambangnya berupa empat garis yang membentuk huruf V dan berwarna emas.

Di bawah Sersan Mayor, terdapat pangkat Sersan Kepala yang ditandai dengan tiga garis seperti huruf V dengan warna emas. Selanjutnya, pangkat Sersan Satu memiliki lambang dua garis berwarna emas yang juga menyerupai huruf V.

Pangkat Sersan Dua memiliki lambang satu garis berwarna emas yang membentuk huruf V. Pada Pakaian Dinas Lapangan, lambang pangkat bintara berbentuk huruf V dengan warna hitam.

urutan pangkat tni au
Source Image: Moondoggiesmusic

7. Tamtama Kepala

Pada struktur kepangkatan tamtama kepala, terdapat tiga pangkat, yaitu Kopral Kepala, Kopral Satu, dan Kopral Dua.

Lambang yang digunakan dalam struktur tamtama kepala hampir mirip dengan lambang yang terdapat dalam struktur kepangkatan bintara, dengan perbedaan pada warnanya.

Pangkat Kopral Kepala memiliki lambang berupa garis yang menyerupai huruf V dengan warna merah.

Sementara itu, Kopral Satu ditandai dengan lambang garis yang juga menyerupai huruf V, tetapi dengan warna merah.

Sedangkan, Kopral Dua menggunakan lambang garis seperti huruf V yang berwarna merah.

kenaikan pangkat tni
Source Image: Bukubiruku.com

8. Tamtama

Struktur kepangkatan Tamtama Kepala terdiri dari tiga pangkat, yaitu Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

Lambang pangkat Prajurit Kepala adalah tiga garis berwarna merah. Di bawahnya, terdapat pangkat Prajurit Satu yang ditandai dengan lambang dua garis merah. Sementara itu, pangkat Prajurit Dua menggunakan lambang satu garis merah.

jenjang pangkat tni
Source Image: Blogspot.com

Urutan Pangkat TNI AL

TNI Angkatan Laut merupakan bagian integral dari sistem pertahanan negara Indonesia, bertanggung jawab menjaga kedaulatan dan keamanan di perairan Indonesia. Selain itu, tugas-tugasnya meliputi:

  • Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan internasional yang telah diakui.
  • Melaksanakan peran dalam pembangunan dan peningkatan kekuatan maritim sebagai bagian dari sistem pertahanan negara.
  • Melakukan diplomasi laut untuk mendukung kebijakan politik luar negeri yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, sebagai upaya untuk memperkuat posisi Indonesia dalam kancah internasional.

1. Pangkat Kehormatan

Pangkat TNI angkatan udara berupa pangkat marsekal besar dengan tanda bintang lima. Sepanjang sejarahnya belum ada orang yang pernah mendapatkan pangkat ini.

pangkat tni angkatan udara
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 26

2. Perwira Tinggi (Pati)

Terdapat 4 kepangkatan TNI AU perwira tinggi. Yang tertinggi adalah marsekal (mars.) yang merupakan sistem pangkat tertinggi TNI AU dengan tanda 4 bintang.

Setelahnya ada pangkat marsekal madya (marsdya) dengan tanda 3 bintang, marsekal muda (marsda) dengan tanda 2 bintang serta marsekal pertama (marsma) dengan tanda 1 bintang.

  • Marsekal (Mars.)
  • Marsekal Madya (Marsdya)
  • Marsekal Muda (Marsda)
  • Marsekal Pertama (Marsma)
lambang pangkat tni ad
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 27

3. Perwira Menengah (Pamen)

Terdapat 3 tingkatan pangkat TNI AU perwira menengah. Yang tertinggi adalah kolonel (kol.) dengan tanda 3 simbol.

Setelahnya ada pangkat letnan kolonel (letkol) dengan tanda 2 simbol serta mayor (may.) dengan tanda 1 simbol.

  • Kolonel (Kol.)
  • Letnan Kolonel (Letkol)
  • Mayor (May)
nama pangkat tni
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 28

4. Perwira Pertama (Pama)

Terdapat 3 urutan pangkat TNI AD perwira pertama. Yang tertinggi adalah kapten (kapt.) dengan tanda 3 garis. S

etelahnya ada pangkat letnan satu (lettu) dengan tanda 2 garis serta letnan dua (letda) dengan tanda 1 garis.

  • Kapten (Kapt.)
  • Letnan Satu (Lettu)
  • Letnan Dua (Letda)
lambang pangkat tni
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 29

5. Bintara Tinggi

Terdapat 3 susunan pangkat TNI AU bintara tinggi yaitu pembantu letnan satu (peltu) dengan tanda 2 garis bergelombang serta pembantu letnan dua (pelda) dengan tanda 1 garis bergelombang.

jenjang pangkat tni
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 30
  • Pembantu Letnan Satu (Peltu)
  • Pembantu Letnan Dua (Pelda)

6. Bintara

Terdapat 2 nama-nama pangkat TNI AU bintara tinggi yakni pembantu letnan satu (peltu) dengan tanda 2 garis bergelombang serta pembantu letnan dua (pelda) dengan tanda 1 garis bergelombang.

nama pangkat tni ad
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 31
  • Sersan Mayor (Serma)
  • Sersan Kepala (Serka)
  • Sersan Satu (Sertu)
  • Sersan Dua (Serda)

7. Tamtama Kepala

Terdapat 3 jabatan TNI AL tamtama kepala yakni kopral kepala (kopka) dengan tanda 3 garis panah merah, kopral satu (koptu) dengan tanda 2 garis panah merah serta kopral dua (kopda) dengan tanda 1 garis panah merah.

  • Kopral Kepala (Kopka)
  • Kopral Satu (Koptu)
  • Kopral Dua (Kopda)
pangkat tni bintara
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 32

8. Tamtama

Terdapat 3 jenjang pangkat TNI AU tamtama yaitu prajurit kepala (praka) dengan tanda 3 garis merah, prajurit satu (pratu) dengan tanda 2 garis merah serta prajurit dua (prada) dengan tanda 1 garis merah.

  • Prajurit Kepala (Praka)
  • Prajurit Satu (Pratu
  • Prajurit Dua (Prada)
pangkat tni tertinggi
Tingkatan Pangkat TNI AD, AL, AU yang Wajib Diketahui! 33

Urutan Pangkat TNI AU

TNI Angkatan Udara merupakan salah satu bagian dari pertahanan negara Indonesia yang bertugas untuk menjaga kelautan Indonesia.

Adapun tugas-tugas lain dari TNI Angkatan Udara, yaitu:

  • Membangun dan mengembangkan kekuatan di daerah udara.
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.
  • Menegakkan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan pemerintah.

Setelah mengetahui tugas dari Angkatan Udara, selanjutnya akan menjelaskan struktur kepangkatan dan pangkat di Angkatan Udara.

Berikut struktur kepangkatan dan pangkat di Angkatan Udara.

1. Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan yang dimiliki oleh Angkatan Udara ialah Marsekal Besar dan lambang pada pangkat tersebut adalah bintang lima dengan warna emas.

pangkat tni ad
Source Image: Goodnewsfromindonesia

2. Perwira Tinggi

Struktur kepangkatan perwira tinggi dalam Angkatan Udara, mirip dengan yang ada di Angkatan Darat dan Angkatan Laut, terdiri dari empat pangkat utama, yaitu Marsekal, Marsekal Madya, Marsekal Muda, dan Marsekal Pertama.

Lambang pangkat tertinggi dalam struktur ini adalah empat bintang emas, yang merupakan ciri khas dari pangkat Marsekal. Di bawahnya, terdapat pangkat Marsekal Madya, yang ditandai dengan lambang tiga bintang emas.

Pangkat Marsekal Muda memiliki lambang dua bintang emas, sedangkan pangkat terendah dalam struktur perwira tinggi adalah Marsekal Pertama, dengan lambang satu bintang emas. Lambang-lambang ini biasanya terlihat pada pakaian dinas harian dan dalam upacara militer.

urutan pangkat tni
Source Image: Blogspot.com

3. Perwira Menengah

Struktur kepangkatan perwira menengah terdiri dari tiga pangkat utama, yaitu Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor.

Pangkat Kolonel ditandai dengan lambang tiga bunga melati berwarna emas pada pakaian dinasnya, kecuali pada pakaian dinas lapangan. Selanjutnya, Letnan Kolonel memiliki lambang dua bunga melati emas pada pakaian dinas upacara dan harian, sementara pada pakaian dinas lapangan, lambangnya dua bunga melati berwarna hitam.

Pangkat terendah dalam struktur perwira menengah adalah Mayor, yang ditandai dengan satu bunga melati berwarna emas pada pakaian dinas upacara dan harian, dengan warna hitam pada pakaian dinas lapangan.

pangkat tni al
Source Image: Berita.99.co

4. Perwira Pertama

Perwira pertama adalah struktur kepangkatan yang berada di bawah perwira menengah.

Pada perwira pertama mempunyai tiga pangkat, yaitu Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Pangkat Kapten memiliki lambang tiga buah garis dengan warna emas.

Setelah pangkat Kapten ada pangkat Letnan Satu dan lambang dari pangkat ini adalah dua buah garis warna emas.

Pangkat terakhir dari struktur kepangkatan perwira pertama adalah Letnan Dua dan lambang yang dimiliki adalah satu buah garis warna emas.

Disetiap pakaian dinas semua pangkat berwarna emas, kecuali pakaian dinas lapangan.

urutan pangkat tni ad
Source Image: Navigasibisnisterpercaya

5. Bintara Tinggi

Struktur kepangkatan bintara tinggi hanya terdiri dari dua pangkat, yaitu Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pangkat TNI Pembantu Letnan Satu merupakan pangkat tertinggi dalam struktur kepangkatan Angkatan Udara.

Lambangnya adalah dua garis bergelombang berwarna emas pada pakaian dinas upacara dan harian, sedangkan pada pakaian dinas lapangan, lambangnya berwarna hitam.

Sementara itu, Pembantu Letnan Dua memiliki lambang satu garis bergelombang pada semua pakaian dinas, kecuali pakaian dinas lapangan.

urutan pangkat tni al
Source Image: Goodnewsfromindonesia

6. Bintara

Struktur kepangkatan bintara terdiri dari empat pangkat, yaitu Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

Pangkat Sersan Mayor ditandai dengan empat garis yang menyerupai huruf V. Di bawahnya, terdapat pangkat Sersan Kepala, yang lambangnya terdiri dari tiga garis seperti huruf V.

Sementara itu, lambang pangkat Sersan Satu adalah dua garis seperti huruf V, dan pangkat terendah dalam struktur bintara adalah Sersan Dua, yang lambangnya adalah satu garis menyerupai huruf V.

Lambang-lambang ini umumnya berwarna emas pada setiap pakaian dinas, kecuali pada pakaian dinas lapangan, di mana lambang pangkat berwarna hitam.

urutan pangkat tni au
Source Image: Moondoggiesmusic

7. Tamtama Kepala

Kopral Kepala, Kopral Satu, dan Kopral Dua adalah pangkat-pangkat yang ada di struktur kepangkatan tamtama kepala.

Pangkat TNI Kopral Kepala ditandai dengan lambang tiga garis yang berbentuk seperti huruf V dan warnanya adalah merah.

Pangkat TNI Kopral diberi lambang dua garis yang bentuknya menyerupai huruf V dan warnanya merah.

Pangkat TNI terakhir di struktur pangkat ini adalah Kopral Dua yang lambangnya adalah garis seperti huruf V berwarna merah.

kenaikan pangkat tni
Source Image: Bukubiruku.com

8. Tamtama

Pada struktur kepangkatan ini ada tiga pangkat TNI, yaitu Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

Semua lambang pada pangkat tamtama berbentuk garis dengan warna merah dan yang membedakan antara pangkat Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua adalah jumlah garis dengan warna merah.

Pangkat TNI Prajurit Satu memiliki tiga garis, Prajurit Satu memiliki dua garis, dan Prajurit Dua memiliki satu garis.

jenjang pangkat tni
Source Image: Blogspot.com

Macam-macam Kenaikan Pangkat TNI

Macam-macam kenaikan pangkat TNI adalah cerminan dari berbagai prestasi dan dedikasi yang dimiliki oleh para personel militer.

Kenaikan pangkat TNI bukan hanya sekadar langkah naik dalam hierarki militer, tetapi juga merupakan bentuk pengakuan atas kontribusi dan kesetiaan mereka terhadap negara dan institusi militer.

Dalam TNI, kenaikan pangkat TNI secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua kategori utama:

1. Kenaikan Pangkat Reguler

Ini adalah jenis kenaikan pangkat yang terjadi secara rutin sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam peraturan atau kebijakan organisasi militer.

Kenaikan pangkat reguler memberikan kesempatan kepada setiap prajurit untuk naik pangkat sesuai dengan jangka waktu atau pencapaian yang telah mereka raih.

2. Kenaikan Pangkat Khusus

Kenaikan pangkat khusus melibatkan situasi atau prestasi yang luar biasa dan biasanya diberikan sebagai penghargaan atas keberanian atau pencapaian yang signifikan.

Kenaikan pangkat khusus terbagi menjadi dua subkategori:
a. Kenaikan Pangkat Luar Biasa: Merupakan bentuk pengakuan atas keberanian dan dedikasi yang luar biasa dari seorang prajurit dalam situasi-situasi khusus, seperti operasi militer perang atau operasi militer selain perang.
b. Kenaikan Pangkat Penghargaan: Jenis kenaikan pangkat ini diberikan sebagai apresiasi terhadap pengabdian yang tanpa cela dan prestasi kerja yang tinggi dari seorang prajurit.

Dengan berbagai jenis kenaikan pangkat, TNI memungkinkan setiap personel militer berkembang dalam karier mereka sambil memberikan penghargaan dan pengakuan atas jasa-jasa mereka dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Syarat Kenaikan Pangkat TNI

Syarat-syarat untuk kenaikan pangkat TNI telah diatur dengan jelas dalam Peraturan Panglima TNI No 50 Tahun 2015 dan No 40 Tahun 2018 yang berkaitan dengan pangkat Prajurit TNI.

Penetapan ini memastikan bahwa setiap kenaikan pangkat dilakukan berdasarkan standar yang telah ditetapkan untuk menjaga integritas dan profesionalisme dalam angkatan bersenjata.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

1. Menjabat dalam Jabatan Penuh

Seorang prajurit harus telah diberi kepercayaan untuk menjabat dalam jabatan penuh berdasarkan keputusan pejabat yang berwenang.

2. Memenuhi Norma Waktu Kenaikan Pangkat

Waktu kenaikan pangkat harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, sehingga setiap kenaikan pangkat dilakukan secara tepat waktu dan adil.

3. Kenaikan Pangkat Berdasarkan Masa Dinas Prajurit (MDP)

Masa dinas pra-prajurit menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kenaikan pangkat.

Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman dan dedikasi dalam dinas militer memiliki peran yang signifikan dalam proses kenaikan pangkat.

Di samping itu, terdapat juga syarat khusus untuk kenaikan pangkat penghargaan, di antaranya:

1. Memenuhi MDP Minimal

Prajurit harus memenuhi masa dinas minimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan.

2. Diberhentikan dengan Rasa Hormat karena Batas Usia Pensiun

Kenaikan pangkat penghargaan juga dapat diberikan kepada prajurit yang telah diberhentikan dengan rasa hormat karena telah mencapai batas usia pensiun, sebagai pengakuan atas pengabdian mereka selama bertahun-tahun dalam dinas militer.

3. Menunjukkan Pengabdian Tinggi dan Berprestasi

Prajurit yang dinilai telah menunjukkan dedikasi tinggi dan mencapai prestasi yang signifikan dalam melaksanakan tugas-tugas militer berhak untuk mendapatkan kenaikan pangkat penghargaan.

4. Bebas dari Hukuman atau Pelanggaran Hukum

Syarat terakhir adalah tidak pernah terkena hukuman atau melanggar hukum, yang menunjukkan integritas dan kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas militer.

Pengaturan yang jelas mengenai urutan dan syarat kenaikan pangkat TNI merupakan salah satu fondasi utama dalam membangun profesionalisme dan integritas di kalangan personel militer.

Hal ini tidak hanya sekadar proses administratif, tetapi juga sebuah bentuk pengakuan terhadap komitmen serta kontribusi yang telah diberikan oleh setiap individu dalam melaksanakan tugasnya.

Lebih dari itu, keberadaan sistem ini turut berperan dalam menjaga kualitas dan konsistensi dalam struktur organisasi militer, menghadirkan kepastian dan keadilan bagi seluruh anggota TNI.

Pemahaman mendalam tentang urutan pangkat TNI dan persyaratan kenaikan pangkat menjadi esensial bagi setiap personel TNI.

Ini bukan hanya tentang meraih kenaikan pangkat semata, tetapi juga bagaimana mereka dapat mengelola karier mereka dengan efektif, merencanakan langkah-langkah yang strategis, dan mempersiapkan diri untuk tanggung jawab yang semakin besar di masa depan.

Dengan demikian, urutan pangkat TNI dan syarat kenaikan pangkat bukan hanya sekadar peraturan, tetapi juga merupakan fondasi yang mendukung pertumbuhan profesional dan penguatan struktur militer.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)