Pendaftaran TNI 2024 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya

pendaftaran tni 2024
DAFTAR ISI

Bagi para pemuda Indonesia yang bercita-cita menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), kini adalah kesempatan emas untuk mewujudkan impian tersebut.

Pendaftaran TNI 2024 telah resmi dibuka mulai tanggal 22 Maret hingga 20 April 2024. Momen ini menandai langkah awal menuju karier yang mulia sebagai seorang prajurit TNI.

Akademi TNI, yang terdiri dari Akademi Angkatan Darat (AAD), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Angkatan Udara (AAU), merupakan lembaga pendidikan tinggi militer yang bertugas untuk melatih calon-calon perwira TNI.

Pendidikan di akademi ini tidak hanya melibatkan aspek keilmuan dan keprajuritan, tetapi juga membentuk karakter, disiplin, dan semangat kebangsaan yang kokoh.

Setiap tahun, ribuan pemuda Indonesia memilih untuk mengikuti proses seleksi ketat untuk diterima di Akademi TNI.

Mereka datang dari berbagai latar belakang, memiliki impian yang sama untuk melayani negara dengan penuh dedikasi dan pengabdian.

Pendaftaran TNI 2024, seperti biasa, menarik minat banyak individu yang bersemangat untuk mengabdi kepada Tanah Air.

Syarat Pendaftaran TNI 2024

pendaftaran tni 2024
Source image: detikcom

Untuk menjadi seorang taruna Akademi TNI, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Berikut syarat-syarat pendaftaran TNI 2024

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Calon taruna harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Pendaftaran terbuka khusus untuk laki-laki.
  3. Calon taruna tidak boleh memiliki status sebagai prajurit TNI, anggota Polri, atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  4. Calon taruna harus beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menganut salah satu agama atau kepercayaan.
  5. Menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945, serta setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  6. Calon taruna harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, bebas dari penggunaan narkoba, serta tidak mengalami gangguan penglihatan yang memerlukan kacamata.
  7. Usia calon taruna pada tanggal 1 Agustus 2024 tidak boleh melebihi 22 tahun.
  8. Calon taruna harus memiliki tinggi badan minimal 163 cm.
  9. Calon taruna harus memiliki ijazah SMA/MA jurusan IPA atau Kurikulum Merdeka yang telah diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
  10. Tidak memiliki tato atau bekas tato, serta tidak memiliki tindik atau bekas tindik kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  11. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
  12. Calon taruna harus belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjalani pendidikan.
  13. Calon taruna yang berasal dari Papua harus memiliki domisili minimal satu tahun di wilayah tersebut.
  14. Calon taruna harus bersedia menjalani ikatan dinas pertama selama minimal 10 tahun setelah lulus.
  15. Calon taruna harus membawa dokumen asli seperti akta kelahiran, surat keterangan catatan kepolisian, kartu keluarga, dan dokumen pendukung lainnya saat mendaftar.

Tata Cara Pendaftaran TNI 2024

link pendaftaran tni
Pendaftaran TNI 2024 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya 4

Proses pendaftaran Akademi TNI 2024 dapat dilakukan secara online melalui situs resmi https://rekrutmen-tni.mil.id . Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Calon taruna harus mengakses situs rekrutmen resmi TNI di https://rekrutmen-tni.mil.id dan mengisi formulir pendaftaran secara online.
  2. Siapkan dokumen-dokumen asli yang dibutuhkan seperti surat pendaftaran, akta kelahiran, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), kartu keluarga, KTP, hasil ujian nasional (jika ada), ijazah SD hingga SMA/MA, transkrip nilai, pasfoto, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit, serta kartu BPJS.
  3. Setelah mendaftar online, calon taruna harus melakukan daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan. Calon taruna harus menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen pendukung saat melakukan daftar ulang.

Proses pendaftaran TNI 2024 bukanlah hal yang mudah. Selain persiapan akademik, calon taruna juga perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik.

Mereka harus siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan mereka hadapi selama pendidikan di akademi, termasuk latihan militer yang intensif dan pembelajaran yang menuntut.

Pendidikan di Akademi TNI bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan dan keterampilan militer, tetapi juga tentang membangun karakter, kepemimpinan, dan semangat kebangsaan yang kuat.

Para calon taruna harus memiliki tekad yang kuat, keteguhan hati, serta semangat yang tinggi untuk melayani dan melindungi bangsa dan negara.

Bagi para calon taruna, pendaftaran TNI 2024 adalah momen bersejarah dalam kehidupan mereka. Ini adalah langkah pertama menuju karier yang mulia sebagai seorang prajurit TNI yang siap untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.

pendaftaran tni al 2024
Source image: pelopor wiratama

Meskipun prosesnya mungkin berat dan penuh tantangan, tetapi kesempatan untuk melayani dan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat adalah hadiah yang tak ternilai.

Sebagai warga negara Indonesia, memiliki kesempatan untuk bergabung dengan TNI merupakan suatu kehormatan yang harus dihargai.

Ini adalah panggilan jiwa untuk menjadi bagian dari lembaga pertahanan negara yang terhormat, yang selalu siap sedia untuk melindungi kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia.

Dengan mematuhi semua persyaratan dan langkah-langkah pendaftaran TNI 2024 yang telah ditetapkan, calon taruna memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari Akademi TNI dan mengabdi kepada bangsa dan negara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran TNI 2024, silahkan kunjungi situs resmi rekrutmen TNI di https://rekrutmen-tni.mil.id

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
NETRIA. R
NETRIA. R
3 months ago

Kenapa TNI TIDAK memberi kesempatan kepada anak2 tamatan SMK padahal banyak dari mereka yg berminat masuk menjadi abdi negara di TNI seperti anak saya yg InsyaAllah akan menamatkan SMK nya sebentar lagi.Keinginanya untuk masuk menjadi Taruna AD sangat kuat selain itu dia jg ingin meneruskan cita2 kakeknya yg jg seorang Purnawirawan TNI AD.Saya sangat merasa trenyuh ketika anak saya bertanya kenapa tamatan SMK tidak diberi kesempatan untuk jadi TNI😭😭😭😭

trackback

[…] Tidak sedang menjabat sebagai Calon PNS, PNS, anggota TNI, atau […]

trackback

[…] TNI, kenaikan pangkat TNI secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua kategori […]