400.000 Formasi CPNS Guru Akhirnya Dibuka, No Hoax!

cpns guru
DAFTAR ISI

Pemerintah Indonesia telah menetapkan langkah berani dengan menyiapkan 400 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang secara khusus ditujukan untuk tenaga pengajar, atau CPNS guru, pada tahun 2024.

Langkah ini tak hanya sekedar menjadi wacana, tetapi menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik serta mutu pendidikan secara menyeluruh di Tanah Air.

Formasi CPNS Guru 2024

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, dari total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 2.302.543 formasi pada tahun 2024, sekitar 22 persen akan dialokasikan untuk tenaga pendidikan di daerah.

Angka ini mencerminkan keseriusan pemerintah dalam memperhatikan sektor pendidikan sebagai fondasi utama dalam membangun bangsa.

Sedangkan, sebanyak 221.936 formasi PPPK akan dibuka untuk posisi guru, tenaga kesehatan, dan teknis.

Sementara itu, untuk instansi daerah, kebutuhan mencapai 483.575 CPNS untuk posisi teknis, dan 1.383.758 PPPK untuk guru, tenaga kesehatan, dan teknis.

Proses pengusulan formasi CPNS guru telah ditutup pada akhir Januari, dengan masuknya usulan dari 478 instansi daerah untuk formasi guru.

cpns guru
Source Image: voi

Dari jumlah tersebut, 169 instansi daerah mengusulkan 22.142 formasi CPNS guru, sementara 155.151 usulan PPPK diajukan oleh 467 instansi daerah.

Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari berbagai daerah dalam memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di masing-masing wilayahnya.

Pemerintah kemudian memberikan himbauan kepada daerah untuk mengoptimalkan penggunaan formasi CPNS guru yang telah disediakan.

Ini sebagai langkah konkret untuk memastikan bahwa kebutuhan tenaga pendidik di berbagai daerah dapat terpenuhi secara optimal.

Dengan pengoptimalan ini, diharapkan tidak ada formasi yang terbuang sia-sia, dan setiap formasi yang tersedia dapat diisi dengan tenaga yang berkualitas.

Terkait dengan keterisian formasi guru, Kementerian PANRB telah menegaskan komitmennya dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Sejak tahun 2021, Kementerian PANRB telah menetapkan formasi guru lebih dari 50 persen dari total formasi nasional.

Ini sebagai wujud nyata dari keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Sebagai bagian dari upaya untuk memenuhi target satu juta guru yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian PANRB berhasil meningkatkan tingkat keterisian formasi guru menjadi di atas 78 persen, dari sebelumnya sekitar 58 persen.

Ini adalah pencapaian yang patut diapresiasi, mengingat pentingnya peran guru dalam membentuk generasi muda bangsa.

Kehadiran CPNS guru khusus untuk tenaga pendidikan diharapkan dapat menjadi solusi bagi masalah kekurangan guru yang masih terjadi di berbagai daerah, terutama di daerah-daerah terpencil.

Dengan adanya formasi khusus ini, diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah guru yang berkualitas dan tersedia di seluruh pelosok negeri.

Oleh karena itu, langkah pemerintah dalam menyediakan formasi CPNS khusus untuk tenaga pendidikan diharapkan dapat menjadi dorongan bagi para lulusan pendidikan untuk memilih karir sebagai guru atau tenaga pendidik.

Ini juga dapat menjadi motivasi bagi para pendidik yang sudah ada untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitasnya dalam memberikan layanan pendidikan yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia.

Penting untuk dicatat bahwa kebutuhan akan tenaga pendidik yang berkualitas dan berdedikasi merupakan salah satu pilar utama dalam memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Dengan menyiapkan 400 ribu formasi CPNS guru khusus untuk tenaga pengajar, pemerintah telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk mengatasi tantangan tersebut.

Tingginya angka kebutuhan formasi guru di berbagai daerah, terutama di daerah terpencil, menunjukkan adanya kesenjangan antara permintaan dan penawaran tenaga pendidik.

kapan cpns guru diadakan
Source Image: radar bogor

Oleh karena itu, langkah pemerintah dalam mengalokasikan formasi khusus untuk tenaga pendidikan merupakan langkah yang sangat tepat dan strategis.

Diharapkan bahwa dengan adanya penambahan formasi CPNS guru untuk tenaga pendidikan, akan terjadi peningkatan jumlah guru yang berkualitas dan tersedia di berbagai daerah, termasuk di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Hal ini akan berdampak positif pada peningkatan akses pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Pentingnya peran guru dalam proses pendidikan juga tercermin dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Selain mengalokasikan formasi CPNS khusus untuk tenaga pendidikan, pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para CPNS guru, seperti pelatihan dan pengembangan profesional.

Selain itu, keberadaan formasi CPNS khusus untuk tenaga pendidikan juga dapat menjadi motivasi bagi para lulusan pendidikan untuk memilih karir sebagai guru atau tenaga pendidik.

Hal ini dapat membantu mengatasi permasalahan kurangnya minat para lulusan untuk menjadi guru, serta meningkatkan jumlah tenaga pendidik yang tersedia di berbagai daerah.

Dengan demikian, langkah pemerintah dalam menyediakan formasi CPNS khusus untuk tenaga pendidikan tidak hanya merupakan investasi dalam pembangunan sumber daya manusia, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia secara menyeluruh.

Semoga dengan adanya langkah ini, dapat tercipta sistem pendidikan yang lebih berkualitas dan inklusif bagi semua warga negara Indonesia.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments