Pemerintah Buka Lowongan CPNS IKN 2024, Simak Formasinya!

cpns ikn 2024
DAFTAR ISI

CPNS IKN 2024 – Reformasi birokrasi di Indonesia terus berlanjut dengan berbagai inisiatif untuk memperbaiki pelayanan publik.

Salah satu langkah terbaru adalah pembukaan lowongan CPNS IKN 2024. Program ini diharapkan dapat menarik talenta terbaik bangsa untuk turut serta dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia.

desain istana kepresidenan di ikn dan ikoniknya garuda dok ikn 1704180717 1
Pemerintah Buka Lowongan CPNS IKN 2024, Simak Formasinya! 5

Seiring dengan rencana besar Pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, ada kebutuhan yang mendesak untuk menyediakan sumber daya manusia berkualitas tinggi yang akan mendukung operasional dan pembangunan ibu kota baru tersebut.

Ibu Kota Negara (IKN) baru yang direncanakan ini tidak hanya akan menjadi pusat pemerintahan, tetapi juga diharapkan menjadi kota yang modern, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Dalam rangka mendukung visi besar ini, pemerintah secara resmi membuka lowongan CPNS untuk IKN tahun 2024.

Langkah ini menjadi salah satu upaya strategis untuk memastikan bahwa IKN akan diisi oleh individu-individu yang kompeten dan berdedikasi tinggi.

Berbagai formasi yang ditawarkan dalam CPNS IKN 2024 mencakup sejumlah bidang yang krusial, mulai dari administrasi pemerintahan, teknik sipil dan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, hingga teknologi informasi dan lingkungan hidup.

Setiap formasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik yang akan mendukung keberhasilan pembangunan IKN sebagai ibu kota yang modern dan berkelanjutan.

Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi detail mengenai pembukaan CPNS IKN 2024, termasuk kapan pendaftaran akan dibuka, syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar, serta formasi yang tersedia.

CPNS IKN 2024 Kapan Dibuka?

asik pns yang pindah ke ikn bakal dapat 1 unit rusun 8 169 1 edited
source : detik.com

Anas menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan kapan jadwal pendaftaran CPNS IKN 2024 akan diumumkan oleh instansi terkait.

“Namun, kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi CASN masih dinamis mengikuti perkembangan terkini. Hal ini terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengisian data oleh Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda). Ada kasus di mana Pemda mengisi rincian yang setelah diverifikasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) ternyata keliru, sehingga harus diperbaiki.” ujarnya

Anas juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah mempercayai informasi mengenai seleksi CASN dari sumber yang tidak valid.

Seluruh informasi resmi mengenai alur seleksi akan diumumkan melalui kanal-kanal resmi instansi pemerintah.

Selain itu, ia menekankan agar masyarakat tidak percaya pada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan seleksi. Seleksi CASN menjunjung tinggi nilai transparansi dan akuntabilitas.

Misalnya, hasil tes ditampilkan secara live score di Kantor BKN, di mana peserta tes berada di dalam gedung dan orang tua dapat langsung melihat hasilnya secara realtime.

Dengan adanya live score di YouTube, tidak ada peluang untuk titipan dari orang dalam.

Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024, termasuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS), akan dimulai pada bulan Juni mendatang.

Anas menjelaskan bahwa pendaftaran CASN dapat dibuka setelah proses verifikasi dan validasi formasi selesai.

“Kami targetkan pendaftaran CASN dimulai Juni 2024,” kata Anas pada hari Sabtu.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan tetap waspada dan hanya mengakses informasi dari sumber resmi serta mengikuti proses seleksi dengan jujur dan transparan.

Syarat CPNS IKN 2024

  1. Pelamar harus merupakan warga negara Indonesia yang sah.
  2. Usia minimal pelamar adalah 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
  3. Pelamar harus memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang dilamar. Kualifikasi minimal yang diterima adalah lulusan Diploma 3 (D3) atau Sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
  4. Pelamar harus sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas.
  5. Pelamar harus bebas dari penggunaan narkoba, yang dibuktikan dengan hasil tes narkoba dari instansi yang berwenang.
  6. Pelamar tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  7. Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI/Polri, atau pegawai swasta.

Formasi CPNS IKN 2024

ikn 2024
Source Image: harian haluan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan 71.643 formasi CPNS dan PPPK di IKN pada tahun 2024.

“Jumlah tersebut terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK,” kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers mengenai pengadaan ASN tahun 2024 di Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Selain itu, Anas menyebutkan bahwa dari total usulan yang disampaikan dan telah diverifikasi serta divalidasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), ditetapkan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital sebanyak 2.906 formasi untuk ditugaskan di IKN.

Seluruh formasi ASN ini merupakan bagian dari pemenuhan bertahap kebutuhan 2,3 juta ASN secara keseluruhan.

Salah satu kementerian dan lembaga (K/L) yang turut membuka lowongan CASN di IKN adalah Kementerian Agama (Kemenag).

Pada tahun 2024, Kemenag menyiapkan sebanyak 1.378 formasi CPNS IKN 2024 khusus untuk penempatan di ibu kota nusantara

“Jumlah ini sudah sesuai dengan rumus yang diberikan oleh Kemenpan RB, yaitu 10 persen dari jumlah rekrutmen tenaga teknis,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag, Ali Ramdhani, dalam rapat di Kantor Pusat Kemenag pada Rabu, 15 Mei 2024.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag, Wawan Djunaedi, menjelaskan bahwa Kemenpan RB memberikan kuota formasi CPNS tenaga teknis untuk Kemenag sejumlah 13.780.

“Dan untuk IKN, jumlahnya 10 persen dari jumlah tenaga teknis. Jadi, 10 persen dari 13.780 formasi berarti 1.378,” ujar Wawan.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas juga menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan SDM di IKN untuk mendukung berbagai program pembangunan dan pelayanan publik di ibu kota baru.

Ia menggarisbawahi bahwa rekrutmen ini harus dilakukan dengan transparansi dan akuntabilitas tinggi guna memastikan bahwa hanya kandidat terbaik yang akan terpilih.

Selain itu, Anas menyatakan bahwa Kemenpan RB akan terus berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan proses seleksi berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

formasi cpns ikn 2024
Source Image: detikcom

“Kami berkomitmen untuk melaksanakan proses rekrutmen ini dengan sebaik-baiknya dan memastikan bahwa seluruh tahapan dilakukan secara adil dan objektif,” tambahnya.

Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi resmi dari Kemenpan RB dan instansi terkait lainnya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai jadwal dan prosedur pendaftaran CASN tahun 2024.

“Kami akan selalu memberikan update terkini melalui kanal-kanal resmi agar masyarakat tidak terjebak oleh informasi yang tidak valid,” pungkas Anas.

Pembukaan lowongan CPNS IKN 2024 merupakan kesempatan emas bagi putra-putri terbaik bangsa untuk berkontribusi dalam pembangunan ibu kota baru.

Dengan berbagai formasi yang tersedia, diharapkan banyak talenta berbakat yang akan bergabung dan membawa perubahan positif bagi Indonesia.

Pemerintah mengajak seluruh calon pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik, memenuhi persyaratan yang ditetapkan, dan mengikuti proses seleksi dengan jujur dan kompetitif.

Semoga dengan adanya CPNS IKN 2024, kualitas pelayanan publik di ibu kota baru akan semakin baik dan membawa manfaat besar bagi masyarakat Indonesia.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)