Simulasi CAT: Langkah Cerdas Lulus CPNS & PPPK 2024

simulasi cat
DAFTAR ISI

Dalam era digital saat ini, proses seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mengalami transformasi signifikan. Salah satu inovasi yang mendukung transparansi dan efisiensi dalam seleksi ASN adalah penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Untuk membantu calon pelamar mempersiapkan diri dengan lebih baik, simulasi CAT menjadi alat yang sangat berguna.

Simulasi ini memungkinkan calon pelamar untuk berlatih mengerjakan soal-soal ujian komputer dalam lingkungan yang mirip dengan ujian nyata menggunakan sistem CAT.

Apa Itu Simulasi CAT?

Simulasi CAT adalah sebuah sistem latihan yang dirancang untuk meniru kondisi ujian sebenarnya yang menggunakan Computer Assisted Test.

Melalui simulasi ini, calon pelamar dapat familiar dengan format ujian, jenis soal yang akan dihadapi, serta sistem penilaian yang diterapkan.

Simulasi CAT biasanya disediakan oleh berbagai platform edukasi dan lembaga bimbingan belajar yang fokus pada persiapan seleksi ASN.

Kelebihan & Kekurangan Simulasi Sistem CAT

Kelebihan Simulasi CAT

Simulasi Computer Assisted Test (CAT) menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan dalam membantu calon pelamar mempersiapkan diri untuk seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN).

simulasi cat
Source Image: https://cat.bkn.go.id/

Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari simulasi CAT:

1. Familiarisasi dengan Sistem Ujian Berbasis Komputer

Salah satu keuntungan terbesar dari simulasi CAT adalah membantu calon pelamar menjadi terbiasa dengan antarmuka dan mekanisme ujian berbasis komputer.

Mereka dapat memahami cara menjawab soal, navigasi antar soal, dan penggunaan fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh sistem CAT, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan teknis saat ujian sebenarnya.

2. Mengukur Tingkat Kemampuan Diri

Simulasi CAT memungkinkan calon pelamar untuk mengukur sejauh mana pemahaman dan pengetahuan mereka terhadap materi ujian.

Dengan hasil yang diberikan setelah simulasi, mereka dapat mengevaluasi performa mereka, mengidentifikasi kelemahan, dan merencanakan strategi belajar yang lebih efektif.

3. Meningkatkan Manajemen Waktu

Ujian CAT biasanya memiliki batas waktu yang ketat. Melalui simulasi, calon pelamar dapat berlatih mengatur waktu dengan lebih baik, memastikan mereka dapat menyelesaikan semua soal dalam waktu yang ditentukan.

Ini membantu mereka untuk meningkatkan efisiensi dan menghindari kehabisan waktu saat ujian sebenarnya.

4. Mengurangi Kecemasan dan Meningkatkan Kepercayaan Diri

Latihan melalui simulasi CAT dapat membantu mengurangi rasa cemas yang sering kali menghambat performa saat ujian.

Dengan terbiasa menghadapi format dan situasi ujian, calon pelamar dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka, sehingga lebih tenang dan fokus saat ujian berlangsung.

5. Pembiasaan dengan Berbagai Jenis Soal

Simulasi CAT biasanya mencakup berbagai jenis soal yang mirip dengan yang akan diujikan dalam seleksi ASN.

Hal ini membantu calon pelamar untuk memahami pola, struktur, dan tingkat kesulitan soal, serta mengembangkan strategi yang efektif untuk menjawabnya.

6. Umpan Balik Langsung dan Terperinci

Setelah menyelesaikan simulasi, calon pelamar biasanya mendapatkan umpan balik langsung dan terperinci mengenai performa mereka.

Umpan balik ini mencakup skor, analisis kesalahan, dan saran untuk perbaikan. Dengan informasi ini, mereka dapat fokus pada area yang perlu ditingkatkan.

7. Fleksibilitas dalam Waktu dan Tempat

Simulasi CAT yang disediakan secara online memungkinkan calon pelamar untuk berlatih kapan saja dan di mana saja, asalkan mereka memiliki akses ke komputer dan internet.

Fleksibilitas ini memudahkan mereka untuk menyesuaikan latihan dengan jadwal dan kenyamanan pribadi.

8. Meningkatkan Motivasi Belajar

Latihan yang berulang dengan simulasi CAT dapat meningkatkan motivasi belajar calon pelamar.

Melihat peningkatan skor dan performa dari waktu ke waktu bisa menjadi dorongan positif yang membuat mereka semakin semangat untuk belajar dan berlatih lebih keras.

Kekurangan Simulasi CAT

simulasi cat pppk gratis
Source Image: https://cat.bkn.go.id/

Meskipun simulasi Computer Assisted Test (CAT) memiliki banyak manfaat dalam membantu calon pelamar mempersiapkan diri untuk seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN), ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa kelemahan dari simulasi sistem CAT:

1. Tidak Sepenuhnya Mewakili Kondisi Ujian Nyata 

Meskipun simulasi CAT dirancang untuk meniru kondisi ujian sebenarnya, ada beberapa elemen yang mungkin tidak dapat direplikasi sepenuhnya, seperti tekanan psikologis saat ujian nyata, suasana ruangan ujian, atau kebijakan teknis spesifik dari penyelenggara ujian.

2. Keterbatasan dalam Ragam Soal

Simulasi CAT mungkin tidak selalu mencakup seluruh ragam soal yang bisa muncul dalam ujian nyata. Kualitas dan kesulitan soal dalam simulasi bisa berbeda dengan soal-soal yang diujikan sebenarnya.

Hal ini bisa menyebabkan calon pelamar tidak sepenuhnya siap menghadapi variasi soal yang lebih luas atau lebih kompleks.

3. Biaya Akses

Beberapa platform atau lembaga yang menyediakan simulasi CAT mungkin mengenakan biaya yang cukup tinggi.

Ini bisa menjadi kendala bagi calon pelamar yang memiliki keterbatasan finansial, sehingga mereka tidak bisa mengakses latihan yang memadai.

4. Ketergantungan pada Teknologi

Simulasi CAT mengandalkan perangkat teknologi, seperti komputer dan internet. Bagi calon pelamar yang tidak memiliki akses ke teknologi tersebut, berlatih dengan simulasi CAT menjadi sulit.

Selain itu, masalah teknis seperti gangguan koneksi internet atau kerusakan perangkat dapat menghambat proses latihan.

5. Kesulitan dalam Penilaian Subjektif

Beberapa aspek penilaian, seperti esai atau tes wawancara, sulit untuk disimulasikan secara akurat dalam CAT.

Penilaian terhadap jawaban esai membutuhkan evaluasi subjektif yang tidak selalu bisa dilakukan oleh sistem otomatis.

Hal ini membuat simulasi CAT kurang optimal untuk melatih kemampuan menulis atau berpikir kritis yang memerlukan umpan balik manusia.

6. Overconfidence

Calon pelamar yang sering berlatih dengan simulasi CAT dan mendapatkan hasil yang baik mungkin menjadi terlalu percaya diri.

Ini bisa berbahaya jika mereka mengabaikan persiapan untuk area lain yang juga penting, seperti pemahaman mendalam terhadap materi atau strategi menghadapi situasi tak terduga dalam ujian nyata.

7. Keterbatasan Pembaruan Soal

Soal-soal dalam simulasi CAT harus terus diperbarui untuk tetap relevan dengan format dan materi ujian terbaru.

Namun, beberapa platform mungkin tidak memperbarui soal secara rutin, sehingga soal-soal yang digunakan dalam simulasi bisa jadi sudah ketinggalan zaman dan kurang efektif untuk persiapan ujian.

Prosedur Simulasi CAT Gratis

Terdapat berbagai cara untuk mengakses simulasi CAT, baik melalui platform online maupun lembaga bimbingan belajar.

simulasi cat gratis
Simulasi CAT: Langkah Cerdas Lulus CPNS & PPPK 2024 6

Beberapa di antaranya menawarkan simulasi gratis, sementara yang lain mungkin memerlukan biaya pendaftaran. Berikut adalah beberapa langkah umum untuk mengakses simulasi CAT:

1. Platform Online

Banyak situs web edukasi yang menyediakan simulasi CAT secara online.

Calon pelamar dapat mendaftar dan mengikuti simulasi langsung melalui perangkat komputer atau gadget mereka.

2. Aplikasi Mobile

Beberapa platform menyediakan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna berlatih kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi ini biasanya memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk berlatih soal-soal ujian secara interaktif.

3. Lembaga Bimbingan Belajar

Banyak lembaga bimbingan belajar menawarkan program khusus yang mencakup simulasi CAT.

Program ini sering kali disertai dengan pembahasan soal dan strategi menghadapi ujian.

Tips Mengerjakan Tes CAT Online

Menghadapi tes Computer Assisted Test (CAT) online dalam seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) memerlukan persiapan dan strategi yang matang.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu calon pelamar dalam mengerjakan tes CAT online dengan lebih efektif:

1. Mulai Dari Paling Mudah

Kerjakan TKP Terlebih Dahulu:

Alokasi Waktu: Sediakan 25 menit untuk mengerjakan 45 soal TKP.

Strategi: Kerjakan semua soal TKP tanpa ada yang dikosongkan. Tidak perlu terburu-buru, pastikan untuk menjawab dengan akurat.

Lanjut Mengerjakan TWK:

Alokasi Waktu: Sediakan 25 menit untuk mengerjakan 30 soal TWK.

Strategi: Jawab minimal 20 soal yang pasti benar. Jika bingung dengan pilihan jawaban, lewati dulu dan kembali lagi jika ada waktu. Tembak jawaban jika benar-benar tidak tahu.

Kerjakan TIU:

Alokasi Waktu: Sediakan 30 menit untuk mengerjakan 35 soal TIU.

Strategi: Mulai dari soal yang mudah dan cari minimal 20 jawaban yang tepat terlebih dahulu.

2. Simulasi di Portal CAT BKN

portal cat bkn
Source Image: https://cat.bkn.go.id/

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk bergabung dalam simulasi CAT BKN:

a. Kunjungi Laman CAT BKN

Langkah pertama adalah mengunjungi laman resmi CAT BKN di [https://cat.bkn.go.id/]. Pastikan Anda mengakses laman yang benar agar dapat mengikuti simulasi dengan lancar.

b. Buat Akun

Setelah tiba di laman CAT BKN, pilih menu “Simulasi” dan klik opsi “Daftar”. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan data diri Anda seperti nama lengkap, alamat email, tempat dan tanggal lahir, serta jenis kelamin.

c. Verifikasi Email

Setelah mengisi formulir pendaftaran, cek email Anda untuk menerima kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang tersedia di laman CAT BKN untuk mengaktifkan akun Anda.

d. Mulai Simulasi

Setelah akun Anda berhasil diverifikasi, Anda dapat mulai mengikuti simulasi CAT. Klik menu “Mulai Simulasi CAT”, dan login menggunakan akun yang telah Anda buat.

e. Kerjakan Soal

Simulasi CAT BKN terdiri dari tiga jenis soal: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kerjakan semua soal ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan waktu yang ditentukan.

f. Lihat Hasil Simulasi

Setelah menyelesaikan simulasi, Anda dapat melihat hasilnya. Hasil simulasi ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengerjakan soal CAT.

Ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan diri untuk ujian CPNS atau PPPK.

Tryout Simulasi CAT di ASN Institute

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk bergabung dan memulai tryout simulasi cat di ASN Institute:

a. Buat Akun

Kunjungi  laman https://belajar.asninstitute.id/daftar  untuk membuat akun. Isi formulir pendaftaran dengan data diri Anda yang lengkap.

b. Aktivasi Email

Setelah mendaftar, silakan aktivasi email yang terdaftar dengan mengklik link verifikasi email yang dikirim ke inbox Anda. Pastikan untuk memeriksa folder spam jika tidak menemukan email verifikasi di inbox.

c. Lengkapi Data Diri

Setelah berhasil mengaktivasi email dan login, Anda bisa mengisi data lengkap di menu “Akun Saya”. Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah benar dan lengkap.

d. Mulai Tryout

Setelah selesai melengkapi data, klik menu “Tryout” untuk memulai.

e. Pilih Jenis Seleksi

Pilih jenis seleksi yang akan diikuti, seperti CPNS, PPPK, atau Sekdin. Sesuaikan pilihan dengan tujuan ujian Anda.

asn institute
Simulasi CAT: Langkah Cerdas Lulus CPNS & PPPK 2024 7

f. Pilih Free Tryout

Pilih opsi “Free Tryout” untuk mendapatkan 2 paket soal tryout gratis dengan kisi-kisi 2024. Ini adalah kesempatan untuk mengetahui skor awal Anda dan menilai kemampuan sebelum mengikuti ujian yang sebenarnya.

2 paket gratis tryout yang ditaawarkan berlaku untuk try out CPNS, PPPK, Sekolah Kedinasan, maupun TNI & POLRI

g. Upgrade ke Paket Premium

Untuk mendapatkan 30 paket soal tryout premium yang sudah dilengkapi dengan pembahasannya serta fasilitas belajar lainnya, silakan upgrade atau daftar paket premium di ASN Institute.

Paket premium ini menawarkan pembelajaran yang lebih mendalam dan persiapan yang lebih matang untuk ujian Anda.

Dengan melakukan simulasi, Anda dapat mengenali format ujian, mengukur kemampuan, dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

Menggunakan tips dan strategi yang tepat saat melakukan simulasi juga dapat membantu meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam menjawab soal.

Selalu ingat bahwa latihan rutin, manajemen waktu yang baik, dan ketenangan adalah kunci untuk sukses.

Semoga panduan ini membantu Anda memaksimalkan persiapan dan meraih hasil terbaik dalam ujian CAT sebenarnya. Selamat berlatih dan semoga sukses!

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)