3 Kategori Pelamar CPNS yang Diprioritaskan Pemerintah 2024

pelamar cpns
DAFTAR ISI

Menjelang pembukaan seleksi CPNS 2024, penting bagi calon pelamar CPNS untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai proses seleksi ini.

Tahun ini, pemerintah Indonesia akan membuka 2,3 juta formasi di berbagai instansi, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Formasi yang tersedia mencakup berbagai posisi seperti guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Menariknya, seleksi CPNS tahun ini juga memberikan kesempatan besar bagi lulusan baru dengan menyediakan 690 ribu posisi.

Dari berbagai formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS 2024, ada sejumlah kriteria pelamar prioritas.

Pelamar prioritas adalah mereka yang memiliki kualifikasi khusus yang sangat dibutuhkan untuk posisi tertentu.

Tiga Jenis Pelamar CPNS 2024 yang Diprioritaskan Pemerintah:

1. Talenta Digital dari Fresh Graduate

Salah satu kategori pelamar CPNS prioritas dalam seleksi CPNS 2024 adalah lulusan baru (fresh graduate) yang memiliki kemampuan digital.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menegaskan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan ASN dengan talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan berperan sebagai akselerator birokrasi dan pelayanan publik.

pelamar cpns terbanyak
Source Image: Kominfo

Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat ekonomi lokal dan nasional melalui digitalisasi berbagai sektor, seperti pertanian, perindustrian, pariwisata, UMKM, dan perdagangan.

Misalnya, di daerah berbasis pertanian, pemerintah berencana merekrut ASN dengan keahlian digital untuk mendukung para petani lokal.

Sementara itu, di daerah berbasis industri kecil, ASN dengan kemampuan digital akan membantu mewujudkan pabrik cerdas (smart factory) dan meningkatkan efisiensi industri kecil setempat.

Digitalisasi sektor-sektor ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Talenta digital dari fresh graduate diharapkan mampu menghadirkan inovasi dan solusi teknologi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

2. Formasi CPNS 2024 Khusus APIP dan IKN

Selain talenta digital dari fresh graduate, pemerintah juga memprioritaskan pelamar CPNS untuk Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan sumber daya manusia (SDM) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Untuk APIP, instansi pemerintah akan merekrut auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

Pelamar CPNS untuk APIP diharapkan dapat memperkuat sistem pengawasan dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Dengan demikian, pemerintah dapat memastikan bahwa program-program pembangunan berjalan sesuai rencana dan anggaran yang telah ditetapkan, serta menghindari potensi penyimpangan dan korupsi.

Sedangkan untuk IKN, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dapat memanfaatkan formasi yang tersedia dengan mengusulkan CPNS untuk memenuhi kebutuhan SDM di ibu kota baru tersebut.

Hal ini diharapkan dapat mendukung transisi dan pembangunan IKN Nusantara sebagai pusat pemerintahan yang baru.

pelamar cpns 2024
Source Image: Kominfo

Rekrutmen ini juga akan membantu memastikan bahwa IKN memiliki tenaga profesional yang kompeten untuk menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan yang efektif dan efisien.

IKN Nusantara merupakan proyek besar yang membutuhkan dukungan SDM yang handal dan berkualitas.

Oleh karena itu, pemerintah memberikan prioritas khusus dalam rekrutmen CPNS untuk memenuhi kebutuhan di IKN, termasuk menyediakan fasilitas dan insentif yang menarik bagi para pelamar CPNS.

3. Formasi Fresh Graduate yang Lebih Besar

Pemerintah juga akan membuka formasi yang signifikan bagi lulusan baru atau fresh graduate.

Selain menyediakan 690 ribu posisi, pemerintah berencana memberikan kuota khusus bagi putra-putri terbaik di Kalimantan Timur serta memfasilitasi mutasi pegawai ASN pemerintah daerah di wilayah tersebut.

Ini merupakan langkah strategis untuk mendorong pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia di Kalimantan Timur, terutama terkait dengan proyek pembangunan IKN Nusantara.

Formasi ini dirancang untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi fresh graduate untuk berkontribusi dalam pembangunan negara.

Dengan membuka banyak posisi bagi lulusan baru, pemerintah berharap dapat menarik talenta-talenta muda yang inovatif dan berdedikasi untuk bergabung dalam birokrasi pemerintahan.

Selain itu, pemerintah juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan dan pengembangan karir bagi fresh graduate yang terpilih.

Ini termasuk program orientasi, pelatihan teknis, dan pembinaan kepemimpinan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi ASN baru.

Mengetahui kriteria pelamar CPNS prioritas dalam seleksi CPNS 2024 sangat penting bagi calon pelamar CPNS untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Dengan memahami kebutuhan dan prioritas pemerintah, pelamar CPNS dapat lebih fokus dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan, serta meningkatkan peluang untuk sukses dalam seleksi CPNS 2024.

Dengan persiapan yang matang dan informasi yang tepat, kamu bisa menjadi salah satu dari pelamar CPNS prioritas yang dicari pemerintah dalam seleksi CPNS 2024.

Pastikan untuk terus memantau perkembangan dan informasi terbaru terkait seleksi ini agar tidak ketinggalan kesempatan emas untuk berkarir sebagai ASN di Indonesia.

Persiapan yang baik meliputi memahami persyaratan dan prosedur seleksi, mengikuti bimbingan dan pelatihan yang relevan, serta mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan cermat.

Dengan demikian, kamu dapat menghadapi seleksi CPNS 2024 dengan percaya diri dan meningkatkan peluang untuk diterima.

Selain itu, penting untuk selalu mengikuti informasi resmi dari pemerintah terkait seleksi CPNS, seperti melalui situs web resmi Kementerian PANRB atau Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta media sosial resmi pemerintah.

Ini akan membantu kamu mendapatkan informasi yang akurat dan terkini tentang proses seleksi, jadwal, dan persyaratan yang berlaku.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] begitu, kebutuhan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, termasuk CPNS dan PPPK, belum juga […]