Fresh Graduate, 13 Formasi CPNS 2024 Ini Tersedia Untukmu!

fresh graduate
DAFTAR ISI

Seleksi CPNS 2024 akan dibuka pada bulan April, kabar gembira ini sangat dinantikan oleh para pejuang ASN (Aparatur Sipil Negara) di tanah air, terutama para Fresh Graduate atau lulusan baru.

Pemerintah juga telah menegaskan bahwa akan ada kuota yang cukup besar bagi para Fresh Graduate pada seleksi CPNS 2024.

Meskipun begitu, banyak calon pelamar CPNS 2024 yang masih merasa bingung bahkan ragu untuk memilih instansi yang cocok bagi mereka, terutama para Fresh Graduate.

fresh graduate
Source Image: tribunnewsmaker.com

Formasi CPNS Fresh Graduate 2024

Oleh karena itu, berikut adalah daftar formasi yang cocok bagi Fresh Graduate untuk dipertimbangkan:

1. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung merupakan salah satu instansi yang membuka formasi CPNS dengan kuota yang cukup banyak untuk Fresh Graduate.

Di Kejaksaan Agung, Fresh Graduate memiliki kesempatan untuk berkarir dan berkontribusi dalam sistem peradilan di Indonesia.

Formasi yang Tersedia di Kejagung:

  • Pengelola Data Intelijen: Menangani analisis data untuk kepentingan intelijen dan memberikan kontribusi penting dalam pengambilan keputusan di Kejaksaan Agung.
  • Pengelola Pengaduan Publik: Bertugas dalam menangani pengaduan publik terkait dengan pelanggaran hukum dan memastikan penyelesaiannya sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Pranata Barang Bukti: Bertanggung jawab untuk mengelola barang bukti dalam proses hukum, termasuk dokumentasi, penyimpanan, dan pengamanannya selama proses penyelidikan dan persidangan.

2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

KLHK juga menjadi pilihan menarik bagi Fresh Graduate yang tertarik dengan bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Di KLHK, para calon ASN akan memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam.

Formasi yang Tersedia di KLHK:

  • Pengendalian Ekosistem Hutan: Bertugas untuk mengawasi dan mengelola ekosistem hutan guna menjaga keseimbangan ekologis dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.
  • Polisi Kehutanan Terampil: Melakukan pengawasan dan penegakan hukum terkait dengan kegiatan kehutanan, termasuk penegakan peraturan tentang pemanfaatan sumber daya alam hutan.

3. Kementerian Hukum dan HAM

Kemenkumham merupakan salah satu instansi yang membuka beragam formasi CPNS, termasuk untuk Fresh Graduate.

Di Kemenkumham, Fresh Graduate dapat berkarir di berbagai bidang yang terkait dengan hukum dan hak asasi manusia.

fresh graduate
Source Image: suar kabar

Formasi yang Tersedia di Kemenkumham:

  • Pengelola Barang Milik Negara: Bertanggung jawab untuk mengelola aset negara dan memastikan penggunaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Pengelola Keamanan dan Ketertiban: Terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Kemenkumham, termasuk pengawasan terhadap tahanan dan fasilitas keamanan.
  • Pranata Laporan Keuangan: Menangani proses pelaporan keuangan dan anggaran di Kemenkumham untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas.
  • Pranata Sidik Jari: Bertugas dalam proses identifikasi dan verifikasi sidik jari untuk keperluan administrasi dan investigasi hukum.

4. Kementerian Keuangan

Kemenkeu menjadi pilihan menarik bagi Fresh Graduate yang memiliki minat dalam bidang keuangan dan ekonomi.

Di Kemenkeu, para calon ASN akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam manajemen keuangan negara dan kebijakan ekonomi.

Formasi yang Tersedia di Kemenkeu:

  • Operator Komputer Grafis: Bertanggung jawab untuk merancang dan menghasilkan materi grafis yang digunakan untuk keperluan promosi dan dokumentasi di Kemenkeu.
  • Penelitian Laboratorium: Melakukan penelitian ilmiah dan analisis laboratorium untuk mendukung kebijakan keuangan dan ekonomi pemerintah.
  • Pengelola Data dan Perpajakan: Terlibat dalam pengelolaan data keuangan dan perpajakan serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku.
  • Pengelola Barang Milik Negara: Bertugas dalam mengelola inventaris barang milik negara dan memastikan pemeliharaan serta pemanfaatannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
fresh graduate
Source Image: umsu

Pada CPNS 2024, pemerintah berencana membuka rekrutmen sebanyak tiga gelombang atau tiga kali dalam setahun.

Gelombang pertama diperkirakan akan dilaksanakan pada bulan April 2024 dengan pengumuman dan seleksi administratif CPNS serta sekolah kedinasan.

Gelombang kedua, Juni 2024, pengumuman dan seleksi administrasi PPPK dan CPNS, sementara gelombang ketiga, Agustus 2024, untuk pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Dummy
Dummy
1 month ago

Noted!

trackback

[…] 7 instansi pemerintah yang membuka 8 formasi untuk CPNS Ilmu […]