12 Tower Hunian ASN di IKN Akan Mulai Beroperasi Agustus

hunian asn di ikn
DAFTAR ISI

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menargetkan agar 12 tower rumah susun yang diperuntukkan bagi hunian ASN, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Pasukan Pengamanan Presiden di Ibu Kota Nusantara dapat beroperasi pada Agustus tahun ini.

Hunian ASN di IKN 2024

Basuki menjelaskan bahwa secara keseluruhan, terdapat 47 tower yang direncanakan untuk menampung ASN, Polri, BIN, dan Paspampres di IKN. Dari jumlah tersebut, 14 tower sudah mencapai tahap topping off.

“Insya Allah pada Agustus, sebanyak 12 tower rusun tersebut sudah bisa beroperasi,” ujar Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis.

hunian asn di ikn
Source Image: Detikcom

Kementerian PUPR melaporkan bahwa pembangunan hunian ASN di IKN untuk Polri dan BIN telah mencapai progres sebesar 58 persen.

Sementara hunian ASN di IKN mencapai 53 persen, dan hunian ASN di IKN untuk Paspampres sebesar 48 persen. Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN juga sudah mencapai 91 persen.

Sebagai catatan, Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk memastikan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas di IKN.

Sementara itu, Otorita IKN akan mengelola detail pengisian dan penggunaan tower-tower tersebut.

Untuk mempercepat pembangunan, Kementerian PUPR fokus pada pembangunan rusun di kawasan inti IKN Nusantara, yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

rumah asn di ikn
Source Image: Detikcom

Hunian rusun ini akan disesuaikan dengan pangkat ASN. Semakin tinggi pangkat seorang ASN, maka unit rumah susun yang ditempatinya akan semakin luas, dengan ukuran unit terkecil sekitar 98 meter persegi.

Otorita IKN akan memastikan operasionalisasi dan pengelolaan rusun yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR, dengan tujuan menciptakan lingkungan permukiman yang layak huni serta menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi para penghuni di IKN.

Dalam pembangunan Rusun ASN-Hankam di IKN Nusantara, Kementerian PUPR menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) untuk memastikan pelaksanaan proyek yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)