Cpns Jurusan Manajemen Buka 26 Formasi, Wajib Daftar!

cpns jurusan manajemen
DAFTAR ISI

Tahun 2024 membawa kabar gembira bagi freshgraduate ataupun lulusan s1 yang ingin daftar cpns jurusan manajemen dan mengabdi sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah resmi mengumumkan pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Maret 2024, yang menawarkan peluang besar dengan pengadaan seleksi CPNS hingga tiga kali dalam satu tahun.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa seleksi CPNS tahun ini menyediakan total 2.302.543 formasi, dengan 690 ribu di antaranya diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate tanpa pengalaman kerja.

Hal ini tentu saja menjadi kesempatan emas bagi lulusan s1 khususnya bagi yang ingin daftar cpns jurusan manajemen karena tahun ini tersedia banyak formasi untuk jurusan tersebut

Formasi CPNS Jurusan Manajemen

Berikut 7 instansi yang membuka formasi CPNS jurusan manajemen, sebagaimana dirangkum dari sumber terpercaya:

1. Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri adalah sebuah lembaga pemerintah yang bertugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan diplomasi pemerintah di bidang hubungan internasional.

Kementerian ini menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dengan negara-negara lain serta organisasi internasional.

Berikut beberapa formasi yang tersedia untuk cpns jurusan manajemen:

  • Analis Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan
  • Analis Organisasi
  • Analis Pengembangan Kompetensi
  • Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja
  • Penyusun Kurikulum, Modul dan Bahan Ajar
  • Analis Kerjasama Diklat
  • Analis Kompetensi Tenaga Pengajar
  • Analis SDM Aparatur
  • Analis Kelembagaan
  • Analis Diklat
  • Perencana
  • Arsiparis
  • Penata Kanselerasi

2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas merancang dan melaksanakan kebijakan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

KemenPUPR memiliki peran penting dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, yang mencakup berbagai sektor seperti jalan, jembatan, penyediaan air bersih, pengelolaan sumber daya air, pembangunan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, serta pengembangan infrastruktur sanitasi.

Berikut beberapa formasi yang tersedia untuk cpns jurusan management:

  • Ahli Pertama
  • Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa

3. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang berfungsi sebagai jaksa penuntut umum dan memiliki wewenang dalam penegakan hukum, terutama dalam bidang peradilan pidana.

cpns jurusan manajemen
Cpns Jurusan Manajemen Buka 26 Formasi, Wajib Daftar! 2

Lembaga ini bertanggung jawab untuk melakukan penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan eksekusi putusan pengadilan dalam kasus-kasus pidana.

Selain itu, Kejaksaan Agung juga memiliki peran dalam bidang perdata dan tata usaha negara, terutama dalam mewakili pemerintah di pengadilan dalam kasus-kasus yang melibatkan kepentingan negara.

Berikut beberapa formasi yang tersedia untuk cpns jurusan manajemen:

  • Ahli Pertama Penilaian Pemerintah
  • Ahli Pertama Perencana

 4. Badan Siber dan Sandi Negara

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah lembaga pemerintah nonkementerian di Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang keamanan siber dan sandi.

Lembaga ini dibentuk untuk menghadapi dan menangani berbagai tantangan serta ancaman di ruang siber, mengingat pentingnya keamanan informasi dan transaksi elektronik dalam era digital saat ini.

BSSN berperan penting dalam melindungi infrastruktur informasi kritik negara, serta memastikan keamanan data dan informasi pemerintah dan masyarakat dari serangan, gangguan, interferensi, atau tindakan ilegal lainnya di ruang siber.

Berikut beberapa formasi yang tersedia untuk cpns jurusan management:

  • Analis Diklat
  • Analis Kemahasiswaan
  • Analis Kemitraan

5. Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas mengelola dan mengawasi pelaksanaan kebijakan di sektor Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kementerian ini memiliki peran strategis dalam mengoptimalkan kontribusi BUMN terhadap perekonomian nasional, melalui pengawasan dan pembinaan terhadap pengelolaan BUMN agar beroperasi secara efisien, produktif, dan berdaya saing tinggi.

Berikut beberapa formasi yang tersedia untuk cpns jurusan manajemen:

  • Ahli Pertama – Penata Kelola Perusahaan Negara
  • Ahli Pertama – Analis Pengelolaan Keuangan APBN

6. BASARNAS

Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan (search and rescue, SAR).

BASARNAS berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan dipimpin oleh seorang Kepala.

Lembaga ini memiliki peran penting dalam menyelenggarakan operasi SAR untuk membantu dan menyelamatkan nyawa dalam kondisi darurat, termasuk kecelakaan transportasi, bencana alam, dan situasi darurat lainnya di darat, laut, dan udara.

Berikut beberapa formasi yang tersedia untuk cpns jurusan manajemen:

  • Analis Barang Milik Negara
  • Penata Laporan Keuangan
  • Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran

7. POLRI

Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah lembaga penegak hukum di Indonesia yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, melindungi segenap bangsa serta menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

POLRI bertanggung jawab langsung di bawah Presiden Indonesia dan memiliki peran penting dalam menyediakan layanan kepolisian yang mencakup pencegahan, penindakan kriminal, serta pemeliharaan ketertiban dan keamanan publik.

Berikut formasi yang tersedia untuk cpns jurusan manajemen:

  • Analis Laporan Keuangan

Penutup

Seleksi CPNS 2024 ini membuka jalan bagi lulusan S1 Manajemen untuk berkarir di berbagai instansi pemerintah, dengan beragam peran yang menantang dan memungkinkan mereka untuk berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan dan pengelolaan negara.

Bagi yang berminat ingin memaksimalkan persiapannya menghadapi cpns 2024, silahkan mengikuti bimbel online cpns di asn institute, terima kasih!

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments