5 Sekolah Kedinasan Gratis Tanpa Biaya

Sekolah kedinasan gratis
DAFTAR ISI

Halo sobat ASN institute! Bagi kamu yang sedang mencari informasi terkait Sekolah kedinasan gratis, maka kamu telah berada di tempat yang tepat dengan membaca artikel ini.

Pasalnya pada artikel ini akan dibahas mengenai 5 sekolah kedinasan gratis tanpa biaya. Let’s Check it out!!!

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang terikat dengan lembaga pemerintahan yang bertindak sebagai penyelenggara pendidikan.

Sekolah kedinasan bisa berada di bawah naungan kementerian, lembaga, atau institusi tertentu di beberapa bidang, seperti keuangan negara.

Pendaftara sekolah kedinasan sendiri melalui website https://dikdin.bkn.go.id/

Sekolah kedinasan seperti STAN, IPDN, Akpol, dan Akmil banyak diminati oleh lulusan SMA karena dianggap sebagai jalur untuk mendapatkan pekerjaan mapan sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang bekerja sama dengan lembaga pemerintahan untuk menyelenggarakan pendidikan, seperti di bawah naungan Kementerian Keuangan (STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Pusat Statistik (STIS), atau TNI (Akmil dan Akpol).

Sekolah Kedinasan Gratis Lulus Jadi PNS

Pendidikan kedinasan seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri menjadi anggota kepolisian, TNI, atau ASN.

Namun, biaya pendidikan yang mahal di beberapa institusi kedinasan menjadi kendala bagi sebagian orang.

Untungnya, ada beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang menawarkan pendidikan gratis tanpa biaya.

Ini merupakan kabar baik bagi mereka yang ingin mengikuti pendidikan kedinasan tanpa harus membebani kantong dengan biaya pendidikan yang mahal.

Lulusan sekolah kedinasan dinilai memiliki peluang besar untuk menjadi pegawai negeri karena mereka dapat langsung menjadi aparatur sipil negara (ASN) setelah lulus.

Selain itu, pendidikan di sekolah kedinasan juga bebas biaya, yang menjadi keuntungan bagi banyak orang yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Berikut adalah beberapa sekolah kedinasan gratis yang dapat menjadi pilihan untuk mengejar karir sebagai ASN.

1. IPDN

IPDN, atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri, adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

IPDN memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

Sekolah kedinasan ini memiliki kampus pusat di Jatinangor di Sumedang Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Ketika praja IPDN lulus, mereka dapat mengisi formasi PNS di lingkungan pemerintahan, baik di kementerian atau pemda.

2. STAN

STAN, atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

STAN kini bernama Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dan memiliki beberapa program studi (prodi) seperti D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Manajemen Keuangan Negara, dan D3 Akuntansi.

Pendidikan program diploma yang digelar STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan negara.

3. STIN

STIN adalah sekolah kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen.

Sekolah kedinasan tersebut menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan undang-undang tentang intelijen. Pendidikan di STIN bertujuan untuk menciptakan tenaga intelijen yang dibutuhkan oleh pemerintah.

STIN didirikan pada tahun 2002 oleh Kepala BIN A.M. Hendropriyono sebagai Institut Intelijen Negara (IIN), dan kemudian diubah namanya menjadi STIN pada tahun 2004.

Tujuannya adalah untuk mendidik taruna dan taruni sebagai personal intelijen negara yang dapat menjalankan tugas intelijen secara cepat, tepat, dan akurat. STIN memiliki beberapa program studi, seperti Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen, serta program pasca sarjana S2 dan S3 dengan enam program studi.

4. Politeknik STIS

Politeknik Statistika STIS, atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS).

STIS memiliki empat program studi, yakni D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

Lulusan D3 STIS akan diangkat sebagai calon aparatur sipil negara (CASN) golongan II/C di BPS di seluruh Indonesia, sedangkan lulusan D4 STIS akan diangkat menjadi CASN golongan III/A dan dapat ditugaskan di BPS, kementerian, lembaga, atau instansi lainnya di seluruh Indonesia.

STIS cukup populer dan banyak peminatnya karena selain sebagai sekolah kedinasan yang gratis tanpa biaya, STIS juga merupakan sekolah kedinasan tanpa syarat tinggi badan

5. STMKG

Sementara itu, STMKG didirikan pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) dan berlokasi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sekarang, STMKG menaungi empat program studi, yaitu D4 Meteorologi, D4 Klimatologi, D4 Geofisika, dan D4 Instrumentasi.

Salah satu keuntungan dari bersekolah di STMKG adalah siswa diangkat sebagai ASN golongan 3A dan mendapatkan pelatihan semi-militer untuk meningkatkan kedisiplinan. Selain itu, pendidikan di STMKG tidak dipungut biaya alias gratis bagi siswa.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa sekolah kedinasan yang gratis dan memberikan pendidikan tanpa biaya adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memperoleh pendidikan akademik sekaligus mempersiapkan diri menjadi aparatur negara.

STAN, IPDN, STIS, STMKG dan STIN adalah contoh sekolah kedinasan yang menawarkan program pendidikan gratis dengan spesialisasi yang berbeda.

Selain dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas, para siswa juga akan mendapat keuntungan lain, seperti pelatihan semi militer dan jaminan kerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah lulus.

Dengan adanya program pendidikan gratis ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk berkarir di pemerintahan dan meningkatkan kualitas aparatur negara yang handal dan profesiona

Informasi penerimaan mahasiswa baru dapat diakses di situs web resmi masing-masing sekolah.

Itulah informasi seputaran 5 Sekolah Kedinasan gratis tanpa biaya. Semoga bermanfaat.

Apabila kamu ingin bimbingan belajar SKD kedinasan untuk persiapan mengikuti ujian sekolah kedinasan maka ASN Institute bisa menjadi opsi terbaikmu.

ASN institute menyediakan bimbel, tryout dan belajar via live streaming yang bisa membantu kamu dalam memahami materi.

Tunggu apalagi Yuk, join di ASN Institute

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Muawwana Khumaira
Muawwana Khumaira
Workholic and passionate!
Subscribe
Notify of
guest

2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments