22 Sekdin Kemenhub Yang Terakreditasi Sangat Baik & Baik

sekdin kemenhub
DAFTAR ISI

Dalam menjalani pendidikan tinggi, pilihan institusi pendidikan, seperti universitas, atau sekdin kemenhub, memiliki peran penting dalam membentuk masa depan seseorang.

Terutama bagi mereka yang tertarik untuk menjadi bagian dari industri transportasi dan pelayaran, Sekdin Kemenhub merupakan pilihan yang tepat.

Di tahun 2024, Sekdin Kemenhub menawarkan beragam program pendidikan dengan kualitas terakreditasi cukup tinggi.

Berikut adalah daftar lengkap akreditasi dari 22 Sekdin Kemenhub yang dapat membantu Anda memilih institusi pendidikan yang sesuai dengan minat dan potensi Anda.

sekdin kemenhub
Source Image: afterschool

Sebelum kita memasuki daftar akreditasi, penting untuk memahami peran penting yang dimainkan oleh Sekdin Kemenhub dalam industri transportasi dan pelayaran.

Sekolah Kedinasan bertanggung jawab melatih calon tenaga profesional di berbagai bidang transportasi, termasuk darat, sungai, danau, pelayaran, dan penerbangan.

Mereka tidak hanya menghasilkan individu-individu yang berkualitas, tetapi juga memastikan keamanan, kehandalan, dan efisiensi dalam sistem transportasi nasional di Sekdin Kemenhub.

Tahun 2023 mencatat jumlah pendaftar yang signifikan ke Sekdin Kemenhub, dengan total mencapai 1.408 calon taruna/taruni.

Ini menunjukkan minat yang tinggi dari generasi muda untuk terlibat dalam industri transportasi dan pelayaran di Sekdin Kemenhub.

Tren ini dapat dilihat sebagai refleksi dari ketertarikan mereka terhadap berbagai peluang karier yang ditawarkan oleh sektor ini, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memainkan peran penting dalam menjamin kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh Sekolah Kedinasan.

Dengan proses akreditasi yang ketat, BAN-PT memastikan setiap institusi pendidikan memenuhi standar melalui proses akreditasi yang ketat.

Dari proses ini, diberikanlah penilaian dalam bentuk tingkat akreditasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi.

pendaftaran sekdin kemenhub
Source Image: edukasi-sindonews.com

Daftar Sekdin Kemenhub Yang Terakreditasi

Berikut adalah daftar lengkap akreditasi dari 22 Sekdin Kemenhub:

1. Politeknik Transportasi Darat Bali

Politeknik ini terletak di Bali dan dikenal karena menawarkan program-program berkualitas dalam bidang transportasi darat.

Dengan akreditasi “Baik Sekali”, institusi ini menunjukkan komitmen terhadap standar pendidikan yang tinggi dan kualitas pengajaran yang optimal.

2. Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD

STTD adalah institusi ternama yang telah lama berpengalaman dalam melatih tenaga profesional di bidang transportasi darat.

Akreditasi “Baik Sekali” menegaskan reputasi unggul mereka dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.

3. Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan

Institusi ini fokus pada pengembangan sumber daya manusia untuk industri transportasi sungai, danau, dan penyeberangan.

Dengan akreditasi yang sangat baik, mereka menawarkan program-program yang relevan dan berorientasi pada kebutuhan industri.

4. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

Politeknik ini memiliki fokus khusus pada keselamatan transportasi jalan, dengan program-program yang dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan bertanggung jawab.

Meskipun memiliki akreditasi “B”, mereka tetap menjadi pilihan yang baik untuk calon taruna/taruni yang tertarik pada aspek keselamatan dalam transportasi darat.

5. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Dikenal karena program-programnya yang komprehensif dalam bidang perkeretaapian, institusi ini mendapatkan akreditasi “Baik Sekali”.

Mereka mempersiapkan calon taruna/taruni untuk berbagai peran dalam industri perkeretaapian yang berkembang pesat.

6. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Salah satu institusi pelayaran terkemuka di Indonesia, STIP Jakarta menawarkan program-program unggulan yang mencakup berbagai aspek industri pelayaran.

Dengan akreditasi yang sangat baik, mereka memberikan jaminan terhadap kualitas pendidikan yang tinggi.

7. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Terletak di Makassar, Politeknik ini mengkhususkan diri dalam pendidikan dan pelatihan untuk industri pelayaran.

Dengan akreditasi “Baik Sekali”, mereka terus menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing di pasar kerja.

8. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Salah satu dari sedikit institusi dengan akreditasi “Unggul”, Politeknik ini menonjol dalam penyediaan pendidikan tinggi di bidang pelayaran.

Mereka menawarkan kurikulum yang inovatif dan fasilitas yang modern untuk mendukung pengalaman belajar yang optimal.

9. Politeknik Pelayaran Banten

Terletak di Banten, Politeknik ini menyediakan program-program pendidikan yang komprehensif dalam bidang pelayaran.

Meskipun memiliki akreditasi “Baik”, mereka tetap menjadi pilihan yang baik untuk calon taruna/taruni yang ingin mengejar karier di laut.

10. Politeknik Pelayaran Barombong

Institusi ini berkomitmen untuk memberikan pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan industri pelayaran.

Dengan akreditasi “Baik”, mereka menjamin standar kualitas yang konsisten dalam proses pendidikan.

11. Politeknik Pelayaran Malahayati

Politeknik ini dinamai sesuai dengan nama Laksamana Malahayati, seorang tokoh pelayaran Indonesia.

Dengan akreditasi “Baik”, mereka menawarkan program-program yang mencakup aspek-aspek penting dari industri pelayaran modern.

12. Politeknik Pelayaran Sorong

Berlokasi di Sorong, institusi ini berfokus pada pendidikan dan pelatihan untuk industri pelayaran di wilayah timur Indonesia.

Meskipun memiliki akreditasi “Baik”, mereka memainkan peran penting dalam menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas untuk industri maritim.

13. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat 

Politeknik ini merupakan salah satu pilihan utama bagi calon taruna/taruni yang berbasis di Sumatera Barat.

Dengan akreditasi “Baik”, mereka menawarkan program-program yang relevan dengan kebutuhan industri pelayaran di wilayah tersebut.

14. Politeknik Pelayaran Surabaya

Terletak di Surabaya, Politeknik ini menawarkan program-program pelayaran yang komprehensif.

Meskipun memiliki akreditasi “B”, mereka tetap menjadi pilihan yang baik untuk calon taruna/taruni yang ingin mengejar karier di laut.

15. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

Institusi ini berfokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan, dengan fasilitas-fasilitas modern dan kurikulum yang terus diperbarui.

Dengan akreditasi “Baik Sekali”, mereka menjamin kualitas pendidikan yang tinggi untuk calon taruna/taruni.

16. Politeknik Penerbangan Jayapura 

Terletak di Jayapura, Politeknik ini memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam bidang penerbangan.

Meskipun memiliki akreditasi “Baik”, mereka terus memperkuat reputasi mereka sebagai penyedia pendidikan penerbangan terkemuka di Indonesia timur.

17. Politeknik Penerbangan Makassar 

Politeknik ini menawarkan program-program pendidikan yang komprehensif dalam bidang penerbangan, dengan fokus pada pelatihan praktis dan keterampilan teknis.

Dengan akreditasi “Baik”, mereka mempersiapkan calon taruna/taruni untuk berbagai karier di industri penerbangan.

18. Politeknik Penerbangan Medan

Politeknik ini merupakan pilihan yang baik bagi calon taruna/taruni yang berbasis di Medan dan sekitarnya.

Meskipun memiliki akreditasi “B”, mereka tetap menawarkan program-program pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri penerbangan regional.

19. Politeknik Penerbangan Palembang 

Terletak di Palembang, Politeknik ini menawarkan pendidikan tinggi yang komprehensif dalam bidang penerbangan.

Dengan akreditasi “Baik”, mereka terus memperkuat kualitas pendidikan mereka untuk mempersiapkan lulusan-lulusan yang siap bersaing di pasar kerja.

20. Politeknik Penerbangan Surabaya 

Politeknik ini merupakan salah satu institusi penerbangan terkemuka di Indonesia, dengan fasilitas-fasilitas modern dan dosen-dosen yang berpengalaman.

Dengan akreditasi “Baik Sekali”, mereka menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam berbagai bidang penerbangan.

21. Akademi Penerbang Indonesia – Banyuwangi 

Akademi ini terletak di Banyuwangi dan dikenal karena program-program penerbangannya yang unggul.

Meskipun memiliki akreditasi “Baik”, mereka terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan mereka untuk mempersiapkan para penerbang masa depan.

22. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

STIP Jakarta adalah institusi pelayaran yang bergengsi di Indonesia, dengan kurikulum yang komprehensif dan fasilitas-fasilitas modern.

Dengan akreditasi tertinggi “A”, mereka menawarkan standar pendidikan yang sangat tinggi dan memainkan peran penting dalam menghasilkan tenaga kerja terampil dan berkualitas untuk industri maritim.

Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024 kapan dibuka
Source Image: bimbel di indonesia college

Dari daftar akreditasi di atas, dapat dilihat bahwa mayoritas Sekdin Kemenhub telah menerima penilaian “Baik Sekali” atau “Baik” dari BAN-PT.

Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari institusi-institusi tersebut dalam menjaga kualitas pendidikan yang diberikan kepada para taruna/taruni.

Terdapat pula beberapa institusi yang mendapatkan penilaian “Unggul” dan “A”, menandakan standar yang sangat tinggi dalam penyelenggaraan program-program pendidikan mereka.

Penting bagi para calon taruna/taruni untuk mempertimbangkan akreditasi dari setiap sekolah kedinasan saat membuat keputusan mengenai pendidikan mereka.

Akreditasi yang tinggi dapat menjadi indikator kualitas pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan industri.

Selain itu, akreditasi yang baik juga dapat memengaruhi prospek karier di masa depan, baik di sektor publik maupun swasta.

Setelah meninjau daftar akreditasi Sekdin Kemenhub, langkah berikutnya adalah mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti lokasi, fasilitas, kurikulum, dan biaya pendidikan.

Sekolah kedinasan perhubungan apa saja
Source Image: Akses Kedinasan

Melakukan kunjungan ke kampus dan berbicara dengan staf akademik serta mahasiswa saat ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang pengalaman pendidikan di setiap institusi.

Dengan demikian, akreditasi dari Sekdin Kemenhub merupakan faktor yang penting dalam membuat keputusan pendidikan.

Diharapkan daftar akreditasi Sekdin Kemenhub tersebut membantu calon taruna/taruni membuat keputusan yang tepat untuk karier di bidang transportasi dan pelayaran.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna dan sukses selalu untuk masa depan yang gemilang!

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments