CPNS Polsuspas 2024: Ini Syarat Wajib dan Tes Seleksinya!

polsuspas
DAFTAR ISI

Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya untuk melindungi pejabat negara dan tamu negara, Kepolisian Republik Indonesia memiliki satuan khusus yang disebut Polsuspas atau Polisi Pengamanan Khusus.

Polsuspas merupakan satuan elit dengan pelatihan dan kemampuan khusus untuk memberikan pengamanan maksimal bagi para pejabat tinggi negara seperti presiden, wakil presiden, mantan presiden, serta tamu negara atau tamu kenegaraan lainnya.

polsuspas
Source Image: blogspot.com

Apa Itu Polsuspas

Polsuspas, sebuah entitas di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, adalah bagian dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), sesuai dengan sumber-sumber resmi seperti polsuspas.com dan jatim.kemenkumham.go.id.

Peran utamanya adalah menjaga, membina, dan mengawasi keamanan serta keselamatan narapidana dan tahanan di berbagai Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia.

Sebagai bagian dari Kepolisian Khusus, anggota diberikan kartu identitas sebagai tanda keanggotaan, yang mereka dapatkan setelah mengikuti diklat dan pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh Polri.

Proses seleksi untuk menjadi anggota cukup ketat, meliputi ujian Computer Assist Test (CAT), Tes Kemampuan Jasmani, dan serangkaian tahapan lainnya yang dirancang untuk memastikan bahwa mereka memenuhi standar keamanan dan keandalan yang diperlukan.

Setelah melewati semua tahapan seleksi, anggota mengikuti pendidikan lanjutan yang bertujuan untuk mengasah keterampilan semi-militer mereka.

Selain keterampilan fisik, mereka juga dilatih dalam penggunaan senjata api, teknik bela diri, dan kemampuan lain yang diperlukan dalam menjalankan tugas pengawasan dan keamanan di lingkungan penjara.

Selain mendapatkan kartu identitas sebagai anggota Kepolisian Khusus, anggota juga diberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) Kepolisian Khusus.

Selain itu, mereka juga mendapatkan lisensi resmi untuk menggunakan senjata api, yang dikeluarkan oleh Mabes Polri.

Ini bertujuan untuk memastikan bahwa anggota memiliki otoritas dan kewenangan yang sah dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Keseluruhan proses ini menegaskan bahwa Polsuspas adalah bagian integral dari sistem kepolisian di Indonesia, yang bertanggung jawab atas keamanan dan pengamanan dalam konteks pemasyarakatan.

Dengan standar seleksi dan pelatihan yang ketat, serta lisensi resmi yang diberikan kepada anggotanya, mereka diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan profesionalisme dan integritas yang tinggi.

Apa Saja Fungsi & Tugas Polsuspas

gaji polsuspas
Source Image: mamikos.com

Fungsi kepolisian Polsuspas diatur sesuai dengan Pasal 2 Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2006.

Pasal tersebut menyatakan bahwa bertugas melaksanakan fungsi kepolisian seperti pencegahan dan penindakan tindak kriminal sesuai dengan hukum yang berlaku.

Tugas dan fungsi Polsuspas dapat diringkas berdasarkan penelitian Kristyanto dalam skripsinya yang berjudul “Peranan Polsuspas dalam Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan Terpidana Narkotika”.

Berikut adalah beberapa tugas dan fungsi utama Polsuspas:

  • Menerapkan Sanksi Sesuai Peraturan Perundang-undangan bertugas untuk menerapkan sanksi-sanksi yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Mereka memiliki wewenang untuk menindak pelanggaran yang dilakukan oleh narapidana atau tahanan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  • Bekerja sama dengan Polri, bertugas dalam penegakan hukum dengan kegiatan pre-emtif, preventif, dan represif non-yustisiil.
  • Menangkal, Menangkap, Menyelidiki, dan Melaporkan Kejadian Polsuspas memiliki tanggung jawab untuk menangkal tindakan kriminal, menangkap pelaku kejahatan, melakukan penyelidikan terhadap kejadian-kejadian kriminal, serta membuat laporan atas setiap kegiatan yang mereka tangani. Semua tindakan tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Selain tugas-tugas tersebut, Polsuspas juga memiliki tanggung jawab khusus untuk memberikan pengamanan maksimal bagi para pejabat tinggi negara seperti presiden, wakil presiden, mantan presiden, serta tamu negara atau tamu kenegaraan lainnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, mereka bekerja sama dengan satuan-satuan khusus lainnya seperti Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden), Brimob (Brigade Mobil), dan lain-lain.

Untuk menjadi anggota, seorang polisi harus mengikuti pelatihan khusus yang mencakup disiplin militer, penguasaan senjata, teknik pengamanan, dan keterampilan bela diri.

Selain itu, mereka juga harus memiliki kondisi fisik yang prima, kecerdasan, dan integritas yang tinggi.

Mereka juga dikenal sebagai satuan elit dalam kepolisian yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap negara dan pemerintah.

Dalam menjalankan tugasnya, mereka sering kali berhadapan dengan situasi yang berisiko tinggi, seperti ancaman terorisme, aksi demonstrasi, dan kerusuhan massa.

Oleh karena itu, mereka harus selalu siap siaga dan mampu mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Selain itu, juga berperan penting dalam memberikan pengamanan pada acara-acara besar seperti Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, Sidang Umum MPR, dan acara-acara internasional seperti KTT ASEAN atau pertemuan antar kepala negara.

Dalam situasi seperti ini, anggota bekerja sama dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan kelancaran dan keamanan acara.

Peran dan tanggung jawab Polsuspas dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara sangat besar.

Mereka merupakan garda terdepan dalam menghadapi ancaman keamanan yang dapat membahayakan stabilitas dan kedaulatan negara.

Oleh karena itu, anggota harus senantiasa profesional, disiplin, dan memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas mereka.

apa itu polsuspas
Source Image: Jabar.kemenkumham

Syarat Masuk Polsuspas

Menjadi anggota Polisi Pengamanan Khusus merupakan impian bagi banyak pemuda Indonesia yang ingin mengabdikan diri pada negara dengan cara istimewa.

Sebagai salah satu satuan elit dalam Kepolisian Republik Indonesia, memiliki tugas mulia untuk memberikan pengamanan maksimal bagi pejabat tinggi negara, tamu negara, serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam situasi yang berisiko tinggi.

Untuk dapat bergabung dengan Polsuspas, seorang individu harus memenuhi serangkaian persyaratan yang ketat dan menantang.

Berikut adalah syarat menjadi anggota Polsuspas:

Harus memenuhi kualifikasi utama sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang mencakup aspek kewarganegaraan, usia, pendidikan, prestasi akademis, dan rekam jejak hukum yang bersih, serta tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari instansi sebelumnya karena pelanggaran etika.

  • Calon pelamar juga harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Menjadi anggota Polsuspas menuntut standar yang lebih ketat dibandingkan CPNS pada umumnya.
  • Salah satu persyaratan khusus yang harus dipenuhi adalah terkait dengan tinggi badan, di mana wanita harus memiliki tinggi minimal 160 cm dan pria minimal 165 cm.
  • Calon anggota tidak diperbolehkan memiliki tato atau tindik tubuh, baik yang baru maupun bekas.
  • Usia calon pelamar Polsuspas juga dibatasi secara ketat, dengan batas usia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun.

Meskipun demikian, status perkawinan calon pelamar tidak menjadi hambatan untuk mendaftar, baik yang sudah menikah maupun belum menikah.

Selain persyaratan dasar tersebut, biasanya terdapat persyaratan khusus tambahan yang akan diumumkan lebih dekat dengan waktu pendaftaran.

Oleh karena itu, para calon pelamar Polsuspas disarankan untuk terus mengikuti informasi terbaru dari website resmi Kepolisian Republik Indonesia atau sumber resmi lainnya.

Menjadi anggota Polsuspas tidak hanya menuntut kualifikasi fisik yang prima, tetapi juga mental yang tangguh, kedisiplinan yang tinggi, dan integritas yang tak tergoyahkan.

Sebagai bagian dari satuan pengamanan khusus, Polsuspas bertugas untuk melindungi para pejabat negara dan tamu kenegaraan, serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam situasi yang penuh risiko, seperti ancaman terorisme, aksi demonstrasi, dan kerusuhan massa.

Bagi para calon pelamar yang memenuhi persyaratan dan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, bergabung dengan Polsuspas merupakan kesempatan emas untuk mengabdikan diri pada negara dengan cara yang luar biasa.

Menjadi bagian dari satuan elit ini tidak hanya memberikan kebanggaan dan kepuasan tersendiri, tetapi juga merupakan tanggung jawab besar dalam menjaga stabilitas dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan dedikasi, disiplin, dan integritas yang tinggi, anggota Polsuspas akan menjadi garda terdepan dalam menghadapi ancaman keamanan yang dapat membahayakan stabilitas negara.

Mereka akan selalu siap siaga, profesional, dan bertindak tegas dalam menjalankan tugas mulia mereka demi menjaga keamanan dan ketertiban bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tahapan Tes Polsuspas

Proses seleksi untuk calon anggota Polsuspas merupakan serangkaian tahapan yang berlapis-lapis untuk memastikan bahwa yang terpilih adalah kandidat terbaik yang memenuhi standar yang ditetapkan. Tahapan tersebut antara lain:

  • Seleksi Administrasi: Tahap awal dimulai dengan pendaftaran daring melalui situs resmi https://daftarsscasn.bkn.go.id/. Di sini, para calon anggota diminta untuk membuat akun dan mengisi formulir dengan informasi pribadi yang sesuai dengan data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya, mereka harus melakukan verifikasi Dokumen Persyaratan Unggah melalui laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id.
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Tahap ini melibatkan Computer Assisted Test (CAT) yang mempunyai bobot 40% dari total nilai akhir. SKD bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar calon anggota dalam berbagai aspek.
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Tahap ini merupakan bagian terbesar yang menyumbang 60% dari total nilai akhir dan terbagi menjadi tiga bagian:
  • Tes Kesamaptaan: Menyumbang 45% dari total nilai SKB. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik calon anggota dan menilai kesehatan mereka secara keseluruhan.
  • Wawancara: Menyumbang 30% dari total nilai SKB. Pada tahap ini, panitia seleksi akan mengevaluasi kepribadian, motivasi, serta kesesuaian calon anggota dengan tugas-tugas yang akan dijalankan di Polsuspas.
  • Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK): Menyumbang 25% dari total nilai SKB. Pada tahap ini, calon anggota akan dinilai langsung dalam kemampuan fisik dan keterampilan praktis yang relevan dengan tugas di Polsuspas.

Tahapan-tahapan ini dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa calon anggota Polsuspas memiliki kualifikasi, kemampuan, dan kesiapan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugasnya secara efektif.

Dengan proses seleksi yang ketat ini, Polsuspas dapat memastikan bahwa mereka memiliki personel yang berkualitas dan siap menjaga keamanan serta ketertiban di lembaga pemasyarakatan dengan baik.

Pangkat & Gaji Polsuspas

Gaji bagi anggota Polsuspas (Polisi Khusus Pemasyarakatan) sangat bervariasi tergantung pada golongan dan masa kerja golongan (MKG).

syarat masuk polsuspas
Source Image: Blitarkota.net

Berikut adalah rincian besarnya gaji Polsuspas berdasarkan golongan:

1. Polsuspas Golongan I (Juru)

  • IA (Juru Muda): Gaji berkisar antara Rp1.560.800 – Rp2.335.800
  • IB (Juru Muda Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp1.704.500 – Rp 2.472.900
  • IC (Juru): Gaji berkisar antara Rp1.776.600 – Rp2.557.500
  • ID (Juru Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp1.851.800 – Rp2.686.500

2. Polsuspas Golongan II (Pengatur)

  • IIA (Pengatur Muda): Gaji berkisar antara Rp2.022.200 – Rp3.373.600
  • IIB (Pengatur Muda Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • IIC (Pengatur): Gaji berkisar antara Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • IID (Pengatur Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp2.920.800 – Rp4.797.000

3. Polsuspas Golongan III (Penata)

  • IIIA (Penata Muda): Gaji berkisar antara Rp2.579.400 – Rp4.236.400
  • IIIB (Penata Muda Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp2.688.500 – Rp4.415.600
  • IIIC (Penata): Gaji berkisar antara Rp2.802.300 – Rp4.602.400
  • IIID (Penata Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp2.920.800 – Rp4.797.000

4. Polsuspas Golongan IV (Pembina)

  • IVA (Pembina): Gaji berkisar antara Rp3.044.300 – Rp5.000.000
  • IVB (Pembina Tingkat 1): Gaji berkisar antara Rp3.173.100 – Rp5.211.500
  • IVC (Pembina Utama Muda): Gaji berkisar antara Rp3.307.300 – Rp5.431.900
  • IVD (Pembina Utama Madya): Gaji berkisar antara Rp3.447.200 – Rp5.661.700
  • IVE (Pembina Utama): Gaji berkisar antara Rp3.593.100 – Rp5.901.200

Penting untuk dicatat bahwa besarnya gaji juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya, termasuk tunjangan-tunjangan dan insentif-insentif khusus yang mungkin berlaku bagi anggota Polsuspas dengan kondisi tertentu.

Menjadi anggota Polsuspas adalah lebih dari sekadar pekerjaan itu adalah panggilan untuk memberikan pengabdian tak terbatas pada negara dengan penuh integritas dan tanggung jawab.

Setiap langkah dalam proses seleksi yang ketat dan pelatihan yang intens bertujuan untuk memastikan bahwa setiap anggota Polsuspas siap untuk menjalankan tugas mereka dengan tingkat profesionalisme dan keandalan yang tinggi.

Gaji yang diterima oleh setiap anggota Polsuspas mencerminkan penghargaan atas pengorbanan dan dedikasi mereka dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara.

Dengan besaran gaji yang bervariasi berdasarkan golongan dan lama masa kerja golongan, Polsuspas memberikan insentif yang adil untuk mendorong anggotanya dalam melaksanakan tugas mereka dengan baik.

Melalui standar seleksi yang ketat dan pelatihan yang komprehensif, Polsuspas terus mempertahankan posisinya sebagai garda terdepan dalam menjaga stabilitas dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semoga upaya mereka dapat terus memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga keamanan serta memastikan kelangsungan dan kemajuan negara.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Syarat pendaftaran Polsuspas 2024 diperkirakan tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. […]