Akpol 2024 Dibuka, Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akpol?

lulusan smk
DAFTAR ISI

Akpol merupakan lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan untuk melatih calon-calon perwira Polri. Proses pendidikan di Akpol berlangsung selama 4 tahun atau 8 semester.

Lulusan Akpol akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IP) serta pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Sehingga, menjadi bagian dari Akpol bukan hanya tentang menjadi anggota kepolisian, tetapi juga tentang meraih gelar pendidikan tinggi dan pangkat yang dihormati dalam kepolisian.

Pendaftaran di Akademi Kepolisian (Akpol) selalu menjadi topik menarik bagi banyak pemuda dan pemudi yang bercita-cita menjadi bagian dari institusi kepolisian.

Lulusan SMK Bisa Masuk Akpol

Namun, apakah lulusan SMK memiliki kesempatan untuk mendaftar di Akpol? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan lulusan SMK yang memiliki impian untuk bergabung dengan kepolisian.

lulusan smk
lulusan smk masuk akpol

Sayangnya di tahun 2024 ini peraturannya tetap sama, lulusan SMK masih belum dapat mendaftar sebagai taruna di Akpol dan menjadi perwira polisi.

Hal ini disebabkan karena fokus pendidikan kejuruan yang diberikan oleh SMK masih belum sepenuhnya memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Akpol.

Rata-rata lulusan SMK biasanya lebih terfokus pada keterampilan praktis dan kejuruan tertentu.

Meskipun ini memberikan manfaat yang besar dalam bidang-bidang tertentu, seperti teknik, kesehatan, atau kejuruan lainnya.

Namun kurikulum lulusan SMK seringkali tidak memenuhi persyaratan pendidikan formal yang diperlukan untuk masuk ke lembaga pendidikan tinggi seperti Akpol.

Akpol membutuhkan lulusan yang memiliki latar belakang pendidikan yang lebih luas dan khusus untuk memastikan bahwa mereka memiliki dasar pengetahuan yang memadai untuk sukses dalam pendidikan mereka di sana.

Bagi banyak lulusan SMK yang memiliki minat dan potensi untuk menjadi bagian dari kepolisian, informasi ini mungkin mengecewakan.

Namun, perlu diingat bahwa masih ada berbagai jalur karier lain yang dapat diambil seperti kepolisian yang menyediakan kesempatan untuk lulusan dari berbagai latar belakang pendidikan termasuk lulusan smk melalui jalur Tamtama.

Persyaratan Pendaftaran di Akpol

Bagi para pemuda dan pemudi yang berminat untuk mendaftar di Akpol, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

syarat masuk akpol lulusan smk
Source Image: Beritasatu.com

Persyaratan ini dirancang untuk memastikan bahwa calon taruna memiliki kualifikasi yang sesuai dan komitmen yang kuat untuk menjalani pendidikan di Akpol serta bergabung dengan kepolisian setelah lulus.

Berikut adalah rangkuman persyaratan pendaftaran di Akpol:

1. Pria/wanita, bukan anggota/mantan anggota Polri/TNI dan PNS, dan belum pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI

2. Berijazah harus berijazah serendah-rendahnya SMA/MA/Sederajat (bukan lulusan dan atau berijazah Paket A, B dan C). Untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS yang dibuktikan dengan ijazah dari Kemendikbudristek dan lulusan PDF/SPM yang dibuktikan dengan ijazah dari Kemenag dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Nilai kelulusan rata-rata:

  • Lulusan tahun 2019 dengan nilai rata-rata UN minimal 70; 
  • Lulusan tahun 2020 – 2021 dengan nilai rata-rata ijazah minimal 70,00 atau B bagi yang menggunakan alphabet (A=80-89, B=70-79, C=60-69, D=50-59); 
  • Lulusan tahun 2022 – 2023 menggunakan nilai rata-rata ijazah minimal 75,00 atau B;
  • Lulusan tahun 2024 akan ditentukan kemudian.

b. Nilai kelulusan rata-rata khusus Papua dan Papua Barat untuk: 

  • Lulusan tahun 2019 dengan nilai rata-rata UN minimal 60; 
  • Lulusan tahun 2020 – 2021 menggunakan nilai rata-rata ijazah minimal 65,00 atau C bagi yang menggunakan alphabet; 
  • Lulusan tahun 2022 – 2023 menggunakan nilai rata-rata ijazah minimal 70,00 atau B; 
  • Lulusan tahun 2024 akan ditentukan kemudian.

c. Bagi lulusan tahun 2024 (yang masih kelas XII) pada saat mendaftar dengan nilai rapor rata-rata semester V kelas XII minimal 80,00 atau minimal A bagi yang menggunakan alphabet, khusus untuk Polda Papua dan Papua Barat dengan nilai rapor rata-rata semester V kelas XII minimal 75,00 atau minimal B bagi yang menggunakan alphabet.

d. Bagi peserta yang berumur 16 sampai dengan 17 tahun dengan ketentuan sebagai berikut: 

  • Bagi lulusan tahun 2024 (yang masih kelas XII) pada saat mendaftar dengan nilai rapor rata-rata semester V kelas XII minimal 85,00 atau minimal A bagi yang menggunakan alphabet, dengan nilai rapor rata-rata mata pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau minimal A bagi yang menggunakan alphabet, serta melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500.
  • Bagi lulusan tahun 2023 atau sebelumnya menggunakan nilai rata-rata ijazah minimal 85,00 atau minimal A bagi yang menggunakan alphabet, dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai rapor rata-rata mata pelajaran Bahasa Inggris minimal 85,00 atau minimal A bagi yang menggunakan alphabet, serta melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500.

e. Bagi lulusan tahun 2016 – 2019 yang mengikuti Ujian Nasional perbaikan, dan peserta yang mengulang di kelas XII, baik di sekolah yang sama atau di sekolah yang berbeda, tidak dapat mendaftar pada penerimaan Taruna/i Akpol Tahun Anggaran 2024.

f. Bagi pendaftar dari Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) pada pondok pesantren memiliki nilai kelulusan rata-rata hasil imtihan wathioni (Ujian Standar Nasional) atau ujian akhir muadalah, dengan nilai akhir kelulusan rata-rata minimal 75,00 atau minimal B bagi yang menggunakan alphabet.

3. Minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat pembukaan pendidikan.

4. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku): Pria: 165 cm; Wanita: 163 cm.

lulusan smk masuk akpol
Source Image: Tribata News Polda NTT

5. Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat, belum pernah hamil/melahirkan, serta belum memiliki anak biologis.

6. Tidak memiliki tato atau tindik telinga/anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

7. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal yang telah berkekuatan hukum tetap. dan tidak didiskualifikasi atas alasan tertentu yang dijelaskan dalam persyaratan.

Meskipun lulusan SMK saat ini belum dapat mendaftar di Akpol, peluang tetap terbuka bagi lulusan SMA/MA yang memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan.

Bagi yang berminat, pastikan untuk memeriksa secara cermat persyaratan dan jadwal pendaftaran yang telah ditentukan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Akpol dan berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat!

Untuk lulusan SMK yang tahun ini masih belum bisa mendaftar Akpol, tetap semangat ya!

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments