SK PPPK 2023 Tak Kunjung Terbit, Gaji & Hak Terbengkalai

sk pppk
DAFTAR ISI

Lulusan PPPK 2023 menghadapi nasib yang cukup sulit. Hingga saat ini, banyak dari mereka yang masih belum menerima SK PPPK.

Ironisnya, bahkan mereka yang sudah mendapatkan SK PPPK dan surat perintah menjalankan tugas (SPMT) belum menerima hak-hak mereka secara penuh.

Ketidakpastian SK PPPK Guru 2023

Wakil Ketua ASN PPPK, Susi Maryani, mengungkapkan bahwa ia menerima banyak keluhan dari berbagai daerah terkait ketidakpastian pengangkatan resmi.

“Kalau di Sumatera Selatan alhamdulillah lancar, tetapi teman-teman di wilayah Jawa banyak yang belum jelas,” kata Susi kepada JPNN.com, Senin (10/6).

Dia menyebutkan bahwa hampir setiap hari para guru yang lulus PPPK 2023 selalu menanyakan kapan mereka akan diangkat. Namun, Susi sendiri juga merasa bingung karena ia bukanlah pengambil kebijakan.

sk pppk
Source Image:

“Teman-teman mungkin berharap forum ASN PPPK bisa menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah pusat dan DPR RI,” tambahnya.

Kekhawatiran semakin meningkat karena sudah mendekati tahun ajaran baru. Selain itu, seleksi PPPK 2024 juga segera dimulai.

Jika pemerintah sibuk dengan seleksi PPPK 2024, dikhawatirkan pemberian SK PPPK dan pengangkatan PPPK 2023 akan tertunda.

Masalah lain yang dikeluhkan adalah pembayaran gaji yang belum sepenuhnya diterima oleh guru PPPK 2023.

Misalnya, jika SPMT dihitung mulai 1 April 2024, gaji yang dibayar baru mulai dari Mei hingga Juni, sehingga satu bulan gaji belum dibayarkan.

Susi berbagi pengalamannya saat lulus PPPK 2021 dan diangkat tahun 2022, yang mengalami kondisi serupa dengan lulusan PPPK 2023. “Kami satu bulan itu gajinya dibayar mundur (3 bulan setelahnya). Misalnya, SPMT 1 Februari, maka gaji Februari dibayar belakangan,” jelasnya.

sk pppk guru
Source Image: infopublic

Susi tidak tahu pasti apakah sistemnya memang seperti itu atau tidak, namun setiap angkatan selalu mengalami kejadian yang sama.

“Mudah-mudahan teman-teman PPPK 2023 semuanya bisa diangkat sebelum seleksi PPPK 2024 dimulai. Kasihan juga teman-teman kalau mereka belum dapatkan hak-haknya,” pungkasnya.

Artikel ini menyoroti permasalahan serius yang dihadapi oleh lulusan PPPK 2023. Dengan belum jelasnya pengangkatan resmi dan hak-hak yang belum terpenuhi, kekhawatiran para lulusan semakin meningkat, terutama dengan semakin dekatnya pelaksanaan seleksi PPPK 2024.

Pemerintah diharapkan dapat segera memberikan kepastian dan menyelesaikan masalah ini agar para lulusan PPPK 2023 dapat menjalankan tugas mereka dengan tenang dan hak-hak yang layak.

Ebook Gratis!!

download ebook contoh soal CPNS 2021

Subscribe untuk dapatkan e-book GRATIS dan informasi CPNS/ PPPK/ Sekolah Kedinasan terbaru  langsung di Email-mu

Picture of ASN Institute Admin
ASN Institute Admin
Admin ASN Institute khusus untuk website. Jika ada kendala atau pertanyaan terkait bimbel Kami, jangan malu bertanya ya :)